Pemilu 2019

Modal Jadi Caleg Rp 4 Miliar, Jika Terpilih Hanya Dapat Rp 1,5 Miliar/Tahun, Kapan Balik Modal?

Menjadi calon legislatif (Caleg) Pemilu 2019 membutuhkan biaya yang besar yang belum tentu terpilih menjadi anggota dewan.

Modal Jadi Caleg  Rp 4 Miliar, Jika Terpilih Hanya Dapat Rp 1,5 Miliar/Tahun, Kapan  Balik Modal?
(Wartakota/henry lopulalan)
PERHITUNGAN CEPAT PDIP - Penghitungan cepat saat diumumkan dari hasil pemilihan presiden 2019 dan legislatif di kantor DPP PDIP, Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019). Dari penghitungan sementara tersebut, PDI Perjuangan unggul dengan 19,93%, Partai Golkar 13,62%, lalu Partai Gerindra 11,49%. Kemudian, Partai Nasdem 9,48%, PKS 8,34%, PKB 8,17%, Partai Demokrat 7,67%, PAN 6,95% dan PPP meraih 4,13% suara. (Wartakota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNJAMBI.COM - Menjadi calon legislatif (Caleg) Pemilu 2019  membutuhkan biaya  besar yang belum tentu terpilih menjadi anggota dewan.

 Jika berhasil menjadi anggota dewan maka jumlah uang yang dikeluarkan selama menjadi caleg belum tentu dapat kembali modal.
Berbeda Jika tidak lolos sebagai anggota dewan maka biaya besar itu akan menguap dan tak akan kembali lagi.
 

Data dan informasi yang diperoleh Tribunmadura.com menyebutkan, untuk maju dan lolos menjadi Anggota DPRD Kabupaten saja, seorang caleg harus menghabiskan dana hingga Rp 4 miliar, pada Pemilu yang digelar 17 April 2019 lalu 

Dengan modal sebesar Rp 4 miliar tersebut, tampaknya cukup sulit untuk kembali saat seseorang duduk dan terpilih sebagai Anggota DPRD Sumenep.

Pasalnya, selama ini gaji anggota DPRD dan penghasilan Anggota DPRD Sumenep hanya berkisar Rp 30 jutaan setiap bulan.

Setelah dipotong untuk pajak, partai dan fraksi, maka jumlah tersebut tersisa sekitar Rp 26 juta.

Dengan kata lain, selama lima tahun wakil rakyat di Sumenep Madura akan menerima pendapatan berupa gaji dan tunjangan kurang lebih Rp 1,5 miliar.

 

Diketahui, bahwa anggota Dewan memperoleh pendapatan kurang lebih Rp 5 juta dalam setiap perjalanan dinas.

Bila setiap bulan ada perjalan dinas, maka total dana yang didapat anggota DPRD Sumenep selama lima tahun adalah Rp 300 juta.

Selain itu, anggota DPRD Sumenep juga mendapatkan kegiatan atau program berupa Pokok Pikiran (Pokir), setiap orang rata-rata Rp 1,2 miliar per tahun.

Namun, itu berbentuk kegiatan yang masih dikerjakan kelompok atau pihak ketiga.

Halaman
123
Editor: heri prihartono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved