TIDAK Punya Ongkos Kembali ke Kampung Halaman, Pria Ini Nekat Sembunyi di Roda Pesawat

TRIBUNJAMBI.COM - Kepolisian Malaysia baru saja menangkap seorang laki-laki asal Indonesia di Bandara

TIDAK Punya Ongkos Kembali ke Kampung Halaman, Pria Ini Nekat Sembunyi di Roda Pesawat
Instagram @princessyahrini
Ilustrasi - masuk pesawat jet 
 
 
TRIBUNJAMBI.COM - Kepolisian Malaysia baru saja menangkap seorang laki-laki asal Indonesia di Bandara Internasional Penang, Malaysia, setelah diketahui masuk tanpa izin.

Ia tertangkap saat bersembunyi di bagian landing pesawat dan tengah berupaya untuk menyelinap pada roda pendaratan pesawat yang memiliki rute tujuan ke Indonesia.

 

Laki-laki itu kemudian ditemukan oleh seorang teknisi yang sedang melakukan pemeliharaan pesawat kargo, Senin (13/5/2019), sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Baca: Jadwal Pasar Murah Pemkab Batanghari, Sediakan 8000 Paket Bahan Pokok Untuk 8 Kecamatan

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (14/5/2019), seorang sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan kepada media pemerintah Malaysia bahwa laki-laki itu langsung diserahkan ke polisi setelah ditangkap.

"Ia (teknisi itu) melihat laki-laki itu meluncur keluar dari bagian landing gear (roda pendaratan) dan segera memberitahu bagian keamanan, yang kemudian menangkap dan menyerahkan laki-laki itu ke polisi," ujar petugas tersebut.

Bandara Internasional Penang. (Bernama).
Bandara Internasional Penang. (Bernama). ()

Laki-laki yang ditemukan tersebut berusia 39 tahun dan merupakan pekerja pabrik pengolahan unggas di Malaysia.

Namun karena dirinya tidak mampu membeli tiket penerbangan untuk kembali ke kampung halamannya di Medan, maka ia memutuskan untuk mencoba melakukan stowaway stunt.

Baca: LIVE STREAMING Indosiar & Vidio.com Liga 1 2019, PSS Sleman vs Arema FC, Rabu (15/5) Kick Off 20.30

Kepada Bernama, Wakil Kepala Polisi Distrik Barat Daya Penang, Jefri Md Zein pun membenarkan insiden tersebut.

Ia mengatakan bahwa penyelidikan kini tengah dilakukan pihaknya untuk mengetahui apa motif di balik aksi penyusupan yang dilakukan laki-laki itu.

Baca: Direktur PT LAJ Jelaskan Kronologi Terjadinya Pembakaran Alat Berat, Telah Lakukan Dialog

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tidak Punya Ongkos Mudik, Seorang WNI di Malaysia Kepergok Sembunyi di Roda Pesawat

Mario Steve Ambarita menyelinap ke ruang roda Garuda Indonesia (GA 177) dari Bandara Sultan Syarif Kasim II saat pesawat tersebut akan tinggal landas menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa (7/4/2015) sore.

VP Corporate Communication Garuda Pujobroto mengatakan, Mario berhasil masuk ke kawasan bandara tersebut setelah melewati pagar pembatas yang sebenarnya adalah kawasan terlarang (restricted area).

Baca: UIN Sultan Thaha Saifuddin Gelar Tes Hafiz dan Hafizah, 24 Perserta Turut Ambil Bagian

"Entah bagaimana, ia bisa masuk ke daerah tersebut," ujar Pujo.

Menurut Pujo, Mario nekat masuk ke ruang roda pesawat Garuda setelah mempelajarinya terlebih dahulu.

Berdasarkan pernyataannya, ujar Pujo, Mario sering membaca informasi mengenai cara masuk ke pesawat secara ilegal di media-media sosial.

Baca: Bocoran Mata Najwa Rabu (15/5) Pukul 20.00 WIB, Live Streaming Adu Lantang Jelang Penentuan

Selain itu, dia juga mempelajari kondisi di Bandara Sultan Syarif Kasim II.

"Dia tahu, pesawat akan berhenti sejenak sebelum tinggal landas. Nah, saat itulah, dia masuk ke dalam (ruang) roda pesawat," ujar Pujo.

Persoalan ini, kata Pujo, sudah menjadi bagian dari kewenangan otoritas bandara setempat. Dengan demikian, Garuda tidak memiliki kewenangan terkait hal itu.

Baca: Demokrat Setuju Prabowo Subianto Tolak Hasil Pilpres, Namun Tetapkan Syarat Ini!

"Garuda sudah melakukan (penerbangan) sesuai dengan prosedur yang ada," ujarnya. Sebagai informasi, seorang pria ditemukan di dalam ruang roda pesawat Garuda Indonesia rute Pekanbaru-Jakarta.

Pria tersebut diketahui bersembunyi di ruang roda belakang pesawat. Pujobroto sebelumnya sudah membenarkan kabar tersebut.

Baca: Sekda Muarojambi M Fadhil Arief Lakukan Kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Raudatussolihin Sekernan

"Iya benar ada kejadian itu. GA 177 dari Pekanbaru ke Jakarta," ujar Pujobroto saat dikonfirmasi.

Berikut kronologi berdasarkan pengakuan Mario kepada petugas Bandara Soekarno-Hatta, seperti dituturkan oleh VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto:

Mario masuk secara ilegal ke dalam kawasan bandara. - Sekitar pukul 15.16 WIB, pesawat Garuda menuju runway Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk tinggal landas.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Besok, Kamis 16 Mei 2019: Wilayah Pontianak Waspada Hujan Petir

Sejenak sebelum tinggal landas, pesawat berhenti.

Pada saat itulah Mario berlari dan memanjat ke ruang roda pesawat. - Sekitar pukul 16.30, saat pesawat mendarat, seorang petugas Bandara Soekarno-Hatta melihat Mario terhuyung-huyung keluar dari pesawat, dan dia langsung diamankan.

Mario kemudian mendapatkan perawatan karena kondisinya masih labil, jari-jari membiru, dan telinganya mengeluarkan darah. Ia pun diinfus dan dirawat di klinik bandara.

Baca: Punya Pengalaman Suram di Tahun 2014, Prabowo Tak Akan Gugatan Hasil Pemilu ke MK, Ini Alasannya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Pria Menyelinap Masuk ke Ruang Roda Pesawat Garuda",

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Tak Punya Ongkos Kembali ke Kampung Halaman, Pria Asal Medan Ini Nekat Sembunyi di Roda Pesawat

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved