Info Terkini Pemkot Jambi

Imam Masjid Raya Wafat, Wali Kota Fasha Sampaikan Duka Mendalam

Fasha: "Beliau yang saya kenal adalah seorang imam masjid yang sangat tawaddhu', 'alim, bersahaja dan sekaligus disiplin"

Imam Masjid Raya Wafat, Wali Kota Fasha Sampaikan Duka Mendalam
istimewa
H. Syarif Fasha menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Imam Besar Masjid Raya Megatsari Pasar Jambi, Habib Abdillah bin Ustman Baraqbah. Almarhum wafat dalam usia 76 tahun pada hari Selasa siang (14/5/2019) sekira pukul 13.00 WIB, setelah sebelumnya sempat dirawat di RS Baiturrahim, Jambi. 

Imam Masjid Raya Wafat, Wali Kota Fasha Sampaikan Duka Mendalam

JAMBI - Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Imam Besar Masjid Raya Megatsari Pasar Jambi, Habib Abdillah bin Ustman Baraqbah.

Almarhum wafat dalam usia 76 tahun pada hari Selasa siang (14/5/2019) sekira pukul 13.00 WIB, setelah sebelumnya sempat dirawat di RS Baiturrahim, Jambi.

"Saya, baik sebagai pribadi maupun atas nama segenap jajaran Pemerintah Kota Jambi menyampaikan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah, salah seorang ulama dan imam terbaik kita, sekaligus sebagai salah seorang tokoh Habaib di Jambi."

"Beliau yang saya kenal adalah seorang imam masjid yang sangat tawaddhu', 'alim, bersahaja dan sekaligus disiplin."

"Mari kita doakan semoga almarhum husnul khatimah, mendapat tempat terhormat disisi Allah SWT, dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga pula mendapat ketabahan hati," ujar Wali Kota Syarif Fasha.

Fasha juga mengatakan, Imam masjid yang selalu mengenakan imamah (peci putih berlilit syal) itu sangat disiplin menjalankan tugasnya sebagai imam masjid, ia kerap meninggalkan tempat acara jika akan masuk waktu shalat.

"Sebagai imam rawatib di masjid, beliau sangat disiplin dan tertib, saya mendengar, beliau kerap terpaksa meninggalkan tempat acara dan bergegas ke masjid jika waktu shalat akan tiba," kenang Fasha.

Berdasarkan informasi yang didapat media ini, beberapa hari sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, salah satu tokoh habaib di Jambi itu sempat memimpin pembacaan tahlil yang merupakan salah satu tugas rutinnya saat buka puasa Ramadhan bersama di Masjid Raya Megatsari.

"Beliau beberapa hari yang lalu masih sempat memimpin tahlil jelang buka puasa Ramadhan di Masjid ini (Masjid Raya Megatsari-red), dengan suara yang lembut dalam kondisi yang tidak terlalu sehat, beliau masih sempatkan hadir, dan itulah ternyata aktivitasnya terakhir bersama jamaah di Masjid Raya ini setelah hari ini kabar duka kami dapatkan," ujar pengurus Masjid Raya Megatsari Abu Bakar Ahmad, usai melepas almarhum kepemakaman kemarin.

Sosok Imam Besar Masjid Raya habib Abdillah Ustman Baraqbah yang dikenal dengan suaranya yang keras, berat dan khas itu, menjadi Imam Besar Masjid Raya Megatsari Pasar Jambi setelah beberapa tahun lalu menggantikan imam sebelumnya almarhum Syech Ismet Umar Bafadhal.

Sebagaimana diketahui, Masjid Raya Magatsari adalah salah satu masjid tertua dan bersejarah di Kota Jambi. Masjid tersebut dibangun semasa perjuangan Sultan Thaha Syaifuddin melawan penjajah Belanda pada tahun 1906.

Masjid yang berdiri diatas tanah wakaf Syekh Hasan bin Ahmad Bafadhal itu diperoleh secara turun-temurun sejak tahun 1276 Hijriyah atau sekitar tahun 1850-an Masehi.

Setelah dibangun, masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi, yaitu pada 1923, 1937, 1950 dan 1970. Renovasi terakhir dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi pada tahun 2017 lalu.

Saat itu Wali Kota Syarif Fasha memerintahkan Dinas PU Kota Jambi melakukan sejumlah perbaikan di masjid tersebut. Masjid yang berdiri di pusat bisnis dan perdagangan Kota Jambi itu berdiri kokoh, indah dan nyaman serta menjadi salah satu sentral ibadah dan syiar Islam di Kota Jambi.

*

TONTON VIDEO: WASPADA! Virus Cacar Monyet Mengancam Manusia, Ini Sumber Penyebabnya

IKUTI INSTAGRAM KAMI: TER-UPDATE TENTANG JAMBI

Agus Hernoto Prajurit Kopassus Si Kaki Buntung, Jasanya Bikin Benny Moerdani Berani Membangkang

Sinopsis & Tayang John Wick 3, Di Balik Layar: Keanu Reeves Sebut 2 Pesilat Indonesia Luar Biasa

Prabowo Akan Menolak Hasil Real Count KPU, Jokowi Undang Ratusan Jurnalis, Makan dan Foto-foto

8 Fakta Mayat Wanita Dimutilasi 6 Bagian, Ada 3 Pesan Misterius Pelaku & Tato Bertuliskan Sugeng

BREAKING NEWS Kebakaran Terjadi di Desa Kumun Menjelang Waktu Sahur

TONTON VIDEO: WASPADA! Virus Cacar Monyet Mengancam Manusia, Ini Sumber Penyebabnya

IKUTI INSTAGRAM KAMI: TER-UPDATE TENTANG JAMBI

Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved