5 Tradisi Unik di Indonesia Saat Bulan Puasa Ramadan, Gurihnya Telur Mimi dan Dandangan

Lima tradisi unik saat bulan puasa yang digelar di berbagai wilayah di Indonesia, dikumpulkan

5 Tradisi Unik di Indonesia Saat Bulan Puasa Ramadan, Gurihnya Telur Mimi dan Dandangan
KOMPAS.com/ SLAMET PRIYATIN
Penjual telur mimi di halaman masjid Agung Kaliwungu menjelang bulan puasa 

5 Tradisi Unik di Indonesia Saat Bulan Puasa Ramadan, Gurihnya Telur Mimi dan Dandangan

TRIBUNJAMBI.COM-Bulan suci Ramadhan disambut suka cita oleh umat muslim dunia, termasuk Indonesia. Ada beragam cara unik dalam mengekspresikannya, bahkan menjadi tradisi turun-temurun. Ini lima di antaranya yang ada di Nusantara.

BULAN suci Ramadhan disambut suka cita oleh umat Muslim dunia, termasuk Indonesia. Ada beragam cara unik dalam mengekspresikannya, bahkan menjadi tradisi turun-temurun.

Di Gorontalo, misalnya, para perempuan membalurkan rempah-remah tradisional ke wajah. Tradisi ini diyakini akan membuat wajah tetap cantik dan segar selama Ramadhan.

Beda lagi dengan warga adat Bonokeling di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mereka memiliki tradisi berjalan kaki tanpa alas kaki menuju makam leluhur untuk berziarah menjelang Ramadhan.

Lalu di Dandangan, Kudus, Jawa Tengah, Ramadhan disambut dengan berbagai hiburan rakyat, termasuk pertunjukan tari kolosal.

Ada pula tradisi makan telur ikan mimi atau ikan pari. Yang ini merupakan tradisi warga Kendal, Jawa Tengah, untuk menyambut bulan Ramadhan. Uniknya lagi, telur ikan mimi hanya ada saat Bulan Ramadhan.

Berikutnya, tradisi unik dengan sebutan mabacca-baca menjadi cara warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat untuk menyambut Ramadhan. Demi kelancaran ibadah puasa, mereka menggelar ritual doa disertai suguhan sejumlah makanan tradisional.

Tentu saja, sangat mungkin ada lebih banyak lagi tradisi unik di berbagai penjuru Nusantara untuk menyambut Ramadhan. Lima tradisi ini hanya sejumput di antaranya.

Mau tahu lebih lanjut penjelasan tentang kelima tradisi tersebut?

Halaman
1234
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved