Suasana Ibadah Salat Tarawih di Kedalaman 1.760 meter di Tambang Bawah Tanah Freeport Indonesia

Suasana Ramadan ternyata juga berlangsung di kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah, tepatnya di tambang Freeport.

Suasana Ibadah Salat Tarawih di Kedalaman 1.760 meter di Tambang Bawah Tanah Freeport Indonesia
Dok PT Freeport Indonesia
Ibadah salat berjamaah di dalam masjid 

TRIBUNJAMBI.COM - Ramadan merupakan bulan berkah bagi seluruh umat muslim di penjuru dunia.

Suasana Ramadan ternyata juga berlangsung di kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah, tepatnya di tambang Freeport.

Gimana, sudah bisa membayangkan gimana suasana Salat Tarawih di tambang Freeport, Papua.

 Simak unggahan  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di media sosial.
Ignasius Jonan membagikan foto saat karyawan perusahaan tambang Freeport melakukan ibadah salat tarawih berjamaah di bawah permukaan tanah.
Menteri ESDM RI Ignasius Jonan bersama Bupati Sarolangun Cek Endra
Menteri ESDM RI Ignasius Jonan bersama Bupati Sarolangun Cek Endra (tribunjambi/wahyu)

Tidak hanya itu Jonan juga menyampaikan selamat kepada masyarakat muslim yang menunaikan ibadah puasa. Foto yang dibagikan oleh Jonan tersebut berada di kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah.

 

"Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Di kedalaman 1.760 m di bawah permukaan tanah di komplek tambang bawah tanah Freeport Indonesia, terdapat Masjid Baabul Munawwar yang berdampingan dengan Gereja Oikumene Soteria. Inilah wujud kebhinekaan Indonesia," ucap Jonan dalam akun media sosialnya.

Tempat ibadah ini benar-benar berada di bawah perut bumi dengan kapasitas 200 orang. Gereja diberi nama Oikumene Soteria yang berarti keselamatan. Sementara masjid diberi nama Baabul Munawwar yang artinya pintu tempat cahaya

Pekerja melakukan salat di Masjid Baabul Munawwar, Tembagapura, Timika, Papua. Tempat ibadah ini terletak di titik terdalam dari permukaan tanah di kompleks tambang bawah tanah pertambang Grasberg Freeport.

Di dalam tambang ini, terbangun jalan sepanjang 650 kilometer (km), panjangnya lebih dari jarak Jakarta ke Yogyakarta. Jalan di dalam tambang bawah tanah ini akan terus dibangun hingga 1.000 km atau seperti Jakarta ke Surabaya. (Dok. PT Freeport Indonesia)
Ibadah salat berjamaah di dalam masjid. foto: Dok: PT Freeport Indonesia

Di dalam tambang ini, terbangun jalan sepanjang 650 kilometer (km), panjangnya lebih dari jarak Jakarta ke Yogyakarta. Jalan di dalam tambang bawah tanah ini akan terus dibangun hingga 1.000 km atau seperti Jakarta ke Surabaya.

Rumah ibadah ini memang sengaja dibangun oleh Freeport agar para pekerjanya bisa tetap beribadah. (dok. PT Freeport Indonesia)
Ibadah salat berjamaah di dalam masjid. foto: Dok: PT Freeport Indonesia

Rumah ibadah ini memang sengaja dibangun oleh Freeport agar para pekerjanya bisa tetap beribadah.

Freeport sendiri memiliki jumlah karyawan hingga tahun 2018 sudah mencapai sekitar 30.000 orang, dan 25%-nya adalah karyawan asli Papua, tentu kebutuhan beribadah juga menjadi prioritas.

Freeport sendiri memiliki  jumlah karyawan hingga tahun 2018 sudah mencapai sekitar 30.000 orang, dan 25%-nya adalah karyawan asli Papua, tentu kebutuhan beribadah juga menjadi prioritas.  (dok. PT Freeport Indonesia)
Ibadah salat berjamaah di dalam masjid. foto: Dok: PT Freeport Indonesia
Selain Masjid, terdapat juga gereja bawah tanah yang dibangun pada 2014 lalu selesai dan digunakan mulai tahun 2015. (Dok. PT Freeport Indonesia)
Masjid Baabul Munawwar, Tembagapura, Timika, Papua. Foto: PT Freeport Indonesia
Halaman
1234
Editor: heri prihartono
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved