Info Terkini Kota Jambi

Wawako Maulana Promosikan Pariwisata Warisan Budaya Jambi di Konferensi Internasional di Bali

Maulana mempresentasikan potensi warisan budaya Jambi pada ajang The IX International Conference of Eurasia World Heritage Cities,

Wawako Maulana Promosikan Pariwisata Warisan Budaya Jambi di Konferensi Internasional di Bali
Istimewa
Wakil Wali Kota Jambi, Dr dr H Maulana, MKM, saat di ajang The IX International Conference of Eurasia World Heritage Cities, dengan tema Resilient Heritage and Tourism, bertempat di Prama Sanur Beach Resort Sanur Bali (30/9/2019). 

Wawako Maulana Promosikan Pariwisata Warisan Budaya Jambi di Konferensi Internasional Bali

TRIBUNJAMBI.COM, DENPASAR - Kota Jambi kembali menunjukkan eksistensinya di dunia internasional.

Kali ini, Wakil Wali Kota Jambi, Dr dr H Maulana, MKM, membawa nama besar Kota Jambi, mempresentasikan potensi warisan budaya Jambi pada ajang The IX International Conference of Eurasia World Heritage Cities, dengan tema Resilient Heritage and Tourism, bertempat di Prama Sanur Beach Resort Sanur Bali (30/9/2019).

Konferensi internasional kota-kota dunia di negara eropa-asia (Eurasia) dibidang warisan budaya tersebut, diselenggarakan berkat kerjasama Organization of World Heritage Cities (OWHC), United Cities and Local Governments (UCLG) dan Badan PBB UNESCO.

Pembukaan konferensi tersebut turut pula di hadiri oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Secretary General of OWHC, Denis Richard, Secretary General of UCLG Euresia Rasikh Sagitov dan Staf Ahli Menteri Pariwisata RI, Prof. I Gede Pitana.

Konferensi tahunan tersebut dilaksanakan sebagai ajang gerakan untuk penyelamatan warisan budaya di dunia. Melalui konferensi ini, diharapkan kota yang tergabung dapat membangun inisiatif kerjasama antar kota dan antar negara. Upaya konservasi dan pelestarian juga terus didorong untuk dilakukan, sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensi warisan budaya di dunia.

Menurut Wawako Maulana, warisan budaya, memiliki nilai sejarah, unik, nilai edukasi, memiliki nilai tradisi, dan nilai rekreasi. Pariwisata juga akan membawa dampak ekonomi bagi suatu daerah. Oleh karenanya, Pemkot Jambi terus berupaya mempertahankan warisan peninggalan budaya yang masih lestari hingga saat ini, sembari merevitalisasi berbagai kawasan warisan budaya di Kota Jambi.

"Kita patut berbangga hati memiliki Jambi Kota Seberang sebagai warisan budaya yang memiliki kekhasan dan segala keunikannya. Pada kesempatan itu juga kami turut mempromosikan Candi Muaro Jambi sebagai warisan budaya luar biasa milik Jambi. Kita punya kepentingan akan ini, bagaimana tidak, wisatawan yang berkunjung tentunya akan menyinggahi Kota Jambi. Seluruh aspek ekonomi penunjang pariwisata akan bergerak," ujar Wawako Maulana.

Dalam presentasinya dihadapan seluruh delegasi konferensi, Wawako Maulana menjelaskan bahwa Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi dianugerahi perpaduan kekayaan budaya dan alam. Menurutnya, tak banyak kota di dunia yang memiliki potensi pariwisata seperti kota Jambi yang pusat kotanya dibelah dengan sungai Batanghari dan memiliki danau alami di tengah Kota.

Selain itu, letak yang sangat strategis sebagai Ibukota provinsi, juga menjadikan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa yang menjanjikan.

Halaman
12
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved