VIRAL Setya Novanto Kepergok di Rumah Makan Padang, Padahal Statusnya Tahanan Lapas Sukamiskin

Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto, diketahui berada di sebuah rumah makan Padang di sekitar Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

VIRAL Setya Novanto Kepergok di Rumah Makan Padang, Padahal Statusnya Tahanan Lapas Sukamiskin
Terpidana kasus korupsi Setya Novanto bersiap memberi kesaksian dalam sidang lanjutan kasus korupsi KTP elektronik di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (14/9/2018). Sidang beragendakan mendengarkan keterangan saksi dengan terdakwa kasus korupsi KTP elektronik Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung tersebut ditunda. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNJAMBI.COM - Mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto, diketahui berada di sebuah rumah makan Padang di sekitar Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Seharusnya, mantan ketua umum Partai Golkar itu sedang menjalani hukuman pidana penjara, terkait kasus proyek pengadaan KTP-el, di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Sukamiskin, Jawa Barat.

Menanggapi hal itu, pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hajar, mengatakan apabila narapidana belum memenuhi syarat pembebasan, maka tidak mungkin dapat dibiarkan bepergian keluar Lapas.

tembok dinding kamar palsu (kiri) dan kamar asli (kanan) Setya Novanto
tembok dinding kamar palsu (kiri) dan kamar asli (kanan) Setya Novanto (Instagram/Youtube Najwa Shihab)

Sehingga, keberadaan Novanto di luar Lapas Sukamiskin patut dipertanyakan. Apakah, kata dia, yang bersangkutan benar sedang menderita sakit sehingga harus menjalani pengobatan di RSPAD Gatot Subroto.

"Pertanyaannya apakan SN benar tidak sehat sehingga harus dibawa keluar atau ke rumah sakit yang kemudian dia makan di warung padang?" kata Fickar, saat dihubungi, Selasa (30/4/2019).

Untuk memastikan apakah Novanto sedang berada dalam keadaan sakit, menurut dia, harus diperiksa instansi yang bertanggungjawab.

Baca: Pendaftaran Pedagang Pasar Bedug Ramadhan 2019 Pemkot Jambi Masih Dibuka, Ini Biaya dan Syaratnya

Baca: Kebakaran di Tebing Tinggi Tanjab Barat, Tiga Rumah Ludes, Diduga Akibat Ledakan Tabung Gas

Baca: Kisah Jhoni Herman Pengusaha Gelamai Parentak Khas Merangin Jambi, Sukses Bermula dari Musibah

Baca: Perbandingan Bayaran Tertinggi Antara Marc Marquez dan Valentino Rossi, Siapa Terkaya?

Baca: Bupati Sukandar Buka Jambore PKK Tebo, PKK Mempunyai Arti Penting Mendidik Generasi Muda

Dia menegaskan, setidaknya terdapat sejumlah orang yang bertanggungjawab terhadap diperbolehkannya Novanto untuk berobat.

Pertama, kata dia, dokter di lapas yang memberi rekomendasi Novanto berobat di RSPAD Gatot Subroto. Kedua, kata dia, kepala Lapas atau petugas bahkan atasannya termasuk Dirjen Lembaga Pemasyarakatan dan Menteri Hukum dan HAM.

Baca: H-1 Jelang Hari Buruh, Jokowi Tinjau Pabrik Sepatu di Tangerang

"Serta dipertanyakan sejauh mana pengawasan dan pengamatan pengadilan dalam pelaksanaan hukuman para Napi," kata dia.

Halaman
12
Penulis: heri prihartono
Editor: andika arnoldy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved