Cegah Website Pemerintah Diretas, Diskominfo Muarojambi Akan Kerjasama dengan Badan Cyber

Diskominfo Kabupaten Muarojambi sampai dengan saat ini belum menerapkan program data dan informasi satu pintu.

Cegah Website Pemerintah Diretas, Diskominfo Muarojambi Akan Kerjasama dengan Badan Cyber
tribunjambi/syamsul bahri
Kepala Diskominfo Kabupaten Muarojambi, Deswir. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Diskominfo Kabupaten Muarojambi sampai dengan saat ini belum menerapkan program data dan informasi satu pintu. Hal ini disampaikan oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Muarojambi, Deswir.

Ia mengatakan bahwa untuk pelaksanaan program data dan informasi satu pintu di Kabupaten Muarojambi di targetkan pada Juli mendatang. Ia menambahkan bahwa pihaknya juga menargetkan semua OPD untuk terintegrasi dengan Diskominfo.

“Integrasi aja kita belum, bagaimana kita mau lakukan pelaksanaanya. Nanti lah target kita bulan tujuh (Juli) semua OPD sudah terintegrasi dengan Diskominfo,” jelasnya, Senin (29/4).

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan bimbingan teknis. Sementara sampai dengan saat ini mengenai program dan informasi data OPD di lingkup pemerintah Kabupaten Muarojambi masih berada di masing-masing OPD.

“Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) itu baru kemarin terakhir melakukan bimtek. Sampai saat ini kita baru persiapkan itu,” sebutnya.

“Untuk sekarang informasi itu masih berada di OPD masing-masing. Untuk integritas ini sudah ada payung hukumnya, itu sudah keluar peraturan bupati tentang informasi dan komunikasi,” sambungnya.

Baca: 14 Petugas Penyelenggara Pemilu di Sarolangun Sakit, Satu Orang Kena Stroke Ada yang Kecelakaan

Baca: UPDATE REAL COUNT KPU, Senin 24 April Pukul 16.45, Data Masuk 51,83 Persen, Jokowi-Maruf Unggul

Baca: Jokowi Bahas Wacana Pemindahan Ibukota, Contoh Malaysia, Tiga Provinsi Ini Masuk Radar

Baca: Kabar Terbaru Ustaz Arifin Ilham, Meminta Maaf dan Sudah Siapkan Kain Kafan juga Makam

Baca: Penderita Diabetes, Tips Jalani Puasa Aman dan Nyaman, Tanpa Alami Hipoglikemia

Selain persiapan PPID melakukan Bimtek, ditambahkan oleh Derwis bahwa pihaknya juga telah menyiapkan jaringan dan server untuk pelaksanaan program data dan informasi satu pintu di Kabupaten Muarojambi.

“Untuk jaringan kita pakai yang lama, kita sudah persiapkan. Tinggal pelaksanaanya saja dan integritas dari masing-masing OPD. Intinya kita hanya menyediakan server, sementara pelaporan itu ada di OPD,” ungkapnya.

Selain persiapan PPID melakukan Bimtek, ditambahkan oleh Derwis bahwa pihaknya juga telah menyiapkan jaringan dan server untuk pelaksanaan program data dan informasi satu pintu di Kabupaten Muarojambi.

“Untuk jaringan kita pakai yang lama, kita sudah persiapkan. Tinggal pelaksanaanya saja dan integrasi dari masing-masing OPD,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mengamankan server yang ada di Diskominfo Kabupaten Muarojambi. Pihaknya sudah mengajukan kerjasama dengan Badan Cyber dan Sandi Negara. Ini guna menghindari hacker yang berupaya  menjebol website Pemkab Muarojambi.

“Dalam rangka pengamanan web Muarojambi, supaya tidak terjadi hacker atau tujuan lainnya. Jauh-jauh hari kita mencegah agar tidak mudah diretas, kita sudah ajukan dengan Badan Cyber dan Sandi Negara. Ini tinggal MoU nya, syarat-syarat sudah kita lengkapi,” katanya.

Lebih lanjut Ia menerangkan bahwa untuk pelaksanaan ini ada beberapa kendala yang akan dihadapinya. Satu di antaranya terkait dengan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya akan melakukan pendataan di masing-masing OPD.

“Kendala itu ada di SDM masing-masing OPD. Kita cuma menyiapkan jaringan dan tempat, sementara untuk data itu yang update dari masing-masing OPD. Kita hanya menyediakan server saja. Selain itu jaringan dan server, apalagi kita belum tahu server di masing-masing OPD itu seperti apa,” sebutnya.

Baca: Tanggapi Pertemuan Zulkifli Hasan-Jokowi, Bara Hasibuan Tegaskan Sikap PAN Berdiri di Sisi Jokowi

Baca: Pemilu Serentak 2019, Belasan Anggota PPK Sarolangun Ngedrop, 1 Petugas Terserang Stroke

Baca: Sembunyi di Parit Pakai Dedaunan, Bule Rusia Akhirnya Bisa Ditangkap Polda Bali, Ini Kejahatannya

Baca: Tahap Awal, Bupati Merangin Lantik 5 Camat, Pejabat Eselon Segera Nyusul, Al Haris Bilang Begini

Penulis: syamsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved