10 Kali Kebakaran Terjadi Dalam Empat Bulan di Batanghari, Ternyata Pemicunya Hal Sepele

Hingga kini, Pemadam Kebakaran Batanghari mencatat 10 kasus kebakaran dari Januari hingga April 2019.

10 Kali Kebakaran Terjadi Dalam Empat Bulan di Batanghari, Ternyata Pemicunya Hal Sepele
Tribunjambi/Rian
Kebakaran di Batanghari yang menghanguskan rumah warga. 

TRIBUNJAMBI. COM, MUARABULIAN- Hingga kini, Dinas Pemadam Kebakaran Batanghari mencatat 10 kasus kebakaran dari Januari hingga April 2019. Rerata yang terbakar adalah rumah penduduk yang dipicu oleh konsleting listrik.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran, Amir Hamzah, mengatakan, kerugian materil dari peristiwa-peristiwa tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Dari awal Januari hingga kini tidak memakan korban jiwa. Hanya saja ada satu orang terluka dan sudah mendapat pertolongan medis," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (27/4).

Baca: Baru 14 Menit Posting Nasehat Siap Hadapi Kenyataan, Akun Aa Gym Diserbu Netizen

Baca: Tunjangan Sertifikasi Guru SMA/SMK/PKLK di Provinsi Jambi Belum Bisa Dicairkan, Tunggu SK

Baca: VIDEO: Beragam Cagar Budaya Jambi di Pameran Hari Pendidikan, Ditampilkan oleh BPCB

Baca: MENGHARUKAN, Sepasang Kekasih Gagal Menikah Setelah Keduanya Divonis Kanker Kelenjar Getah Bening

Amir menyebutkan, kasus kebakaran yang terjadi itu terdiri dari 5 rumah hunian, 3 rumah panggung semi permanen, 1 kebun karet, dan sejumlah kios pedagang di Pasar Keramat Tinggi, Muarabulian.

"Pemadaman yang kita lakukan memakan waktu mencapai 1 jam lebih. Namun rata-rata bangunan yang terbakar ini rata dengan tanah," katanya.

Ia menuturkan, penyebab dari kasus itu didominasi dengan konsleting listrik. Namun ada beberapa kasus terjadi karena lilin dan api dari puntung rokok.

"Seperti kasus kebakaran kebun karet di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang. Itu terbakar karena orang lewat membuang puntung rokok sembarangan," tuturnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Batanghari untuk selalu memastikan rumah dalam kondisi aman ketika ditinggal pergi. Seperti mematikan kontak listrik.

"Karena sekecil apapun seperti cas HP yang tak dicabut bisa menyebabkan kebakaran. Itu salah satu yang menyebabkan konsleting listrik," jelasnya. 

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved