Pemilu 2019

Cucu Presiden Soekarno Puti Guntur Soekarno Peraih Suara Tertinggi Pileg 2019, Versi Internal PDIP

Puti Guntur Soekarno, cucu Presiden Soekarno, menjadi peraih suara terbanyak dalam Pileg 2019 Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) versi internal partai

Cucu Presiden Soekarno Puti Guntur Soekarno Peraih Suara Tertinggi Pileg 2019, Versi Internal PDIP
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Politisi PDI Perjuangan yang juga cucu Presiden RI Pertama, Ir Soekarno (Bung Karno), Puti Guntur Soekarno. 

TRIBUNJAMBI.COM - Puti Guntur Soekarno, cucu Presiden Soekarno, menjadi peraih suara terbanyak dalam Pileg 2019 Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) versi internal partai PDIP. 

Puti yang pindah Dapil Jabar pada Pileg 2019 ke Dapil Jatim dari PDIP itu leading sementara. Di antara caleg DPR RI sesama PDIP, dari 18,53 persen suara masuk Puti sementara meraih 85.682 suara.  

Perempuan yang gagal memenangi Pilgub Jatim (calon Wagub mendampingi Gus Ipul) ini juga sebagia peraih suara terbanyak untuk sesama caleg PDIP di Dapil Surabaya-Sidoarjo.

Baca: Zulkifli Hasan dan Jokowi Akrab di Istana, Sinyal Akan Bergabung ke Pemerintahan Jokowi ?

Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN)  DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Sukadar, mengatakan bahwa itu adalah hasil perolehan suara yang sudah didapat induk partainya. 

Data terbaru BSPN DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menyebutkan bahwa total perolehan suara hingga Rabu (24/4/2019) sore tadi mencapai 395.024 atau 18,53 persen. "Peraih suara tertinggi PDIP Mbak Puti," kata Sukandar.

Puti yang caleg DPR RI nomor urut 2 Dapil Surabaya-Sidoarjo menempati posisi teratas dengan 85.682 suara (4,02 persen) dari total suara yang diperoleh sementara PDI Perjuangan hingga sore tadi.

Baca: Jika Ada 101 Kesalahan Entry Data dalam Real Count KPU, Mahfud MD: Malah Untungkan Kedua Paslon

Posisi kedua peraih suara terbanyak ditempati Bambang DH,  caleg nomor urut 1 dengan 85.113 suara (3,993 persen). 

Indah Kurniawati dengan nomor urut caleg 4 bertengger pada posisi ketiga dengan 34.846 suara (1,634 persen). Ketiganya diprediksi melenggang ke Senayan.

"Prediksi kami,  kursi DPRD RI yang diperoleh PDI Perjuangan dari Dapil Jatim I bukan hanya tiga. Bisa empat dan bahkan lima. Sebab suara mereka Sudah di atas 16.000 saat suara masuk masih 18 persen," tambah Sukandar.

Kalau benar demikian, Caleg Andre Hehanusa dengan nomor urut 5 bisa duduk karena suaranya mencapai 16.110 suara atau 0,756 persen. Kemudian disusul Laksda TNI (Purn) Yuhastiar dengan 15.320 suara atau 0,718 persen. 

Sukadar enggan merinci perolehan suara caleg partai lain. Meski DPC PDIP telah menghitung perolehan suara caleg partai lain, Namun tidak etis mereka membeber. Alasannya itu menyangkut rumah tangga partai lain.  

Baca: UPDATE Perolehan Suara Real Count KPU Pukul 07.00, Kamis 25 April, Data Sudah Masuk 32 Persen.

Sukadar mengklaim bahwa suara caleg partai lain perolehan suaranya masih jauh di bawah perolehan caleg PDI Perjuangan. 

Sementara itu,  Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana berharap raihan kursi PDI Perjuangan Dapil Jatim I untuk DPR Pusat bisa mencapai lima.

"Semoga kursi DPR RI yang diperoleh PDI Perjuangan dari Dapil Surabaya dan Sidoarjo bisa empat bahkan lima kursi, " harap Whisnu,  anak mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan, mendiang Soetjipto. 

Editor: andika arnoldy
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved