Pernah Akting Jadi Presiden, Komedian Ini Akhirnya Menang Pilpres dan Menjadi Presiden Sesungguhnya

Volodymyr Zelensky mungkin bagi sebagian orang hanya sebagai komedian yang terkenal dengan serial komedi berjuluk Servant of the People

Pernah Akting Jadi Presiden, Komedian Ini Akhirnya Menang Pilpres dan Menjadi Presiden Sesungguhnya
Getty Images
Volodymyr Zelensky 

TRIBUNJAMBI.COM - Volodymyr Zelensky mungkin bagi sebagian orang hanya sebagai komedian yang terkenal dengan serial komedi berjuluk Servant of the People.

Dalam serial komedi berjuluk Servant of the People, Volodymyr Zelensky berperan menjadi seorang presiden, rupanya akting tersebut jadi nyata.

mendapat ucapan selamat baik dari pendukungnya maupun para pemimpin dunia setelah dinyatakan sebagai pemenang Pilpres Ukraina menurut exit poll.

Zelensky meraup 73 persen. Unggul jauh dari petahana Presiden Petro Poroshenko yang mendapatkan 24 persen dalam pilpres yang dilangsungkan Minggu (21/4/2019). Kemenangan itu tentu sangat bersejarah bagi Zelensky.

Pasalnya, berawal dari akting sebagai presiden, dia kini menjadi orang nomor satu betulan di Ukraina.

Diwartakan CNN Minggu (21/4/2019), Zelensky yang merupakan aktor sekaligus komedian itu dikenal setelah membintangi serial komedi berjuluk Servant of the People.

Di serial itu, dia berperan sebagai guru sekolah miskin yang menjadi presiden berkat kata-kata anti-korupsi yang menjadi viral di media sosial.

Pada Malam Tahun Baru 2018, bintang berusia 41 tahun itu membuat aktingnya jadi kenyataan ketika mengumumkan niatnya untuk maju dalam kontestasi orang nomor satu.

Baca: Pasokan Kurang, Harga Bahan Pokok di Kota Jambi Merangkak Naik, Daging Ayam Naik Rp10 Ribu

Baca: Peringati Hari Kartini, Bupati Bungo Ajak Kaum Wanita untuk Meresapi Perjuangan Kartini

Baca: 2 Terduga Pelaku Pembakaran Kotak Suara Tiga TPS Sungai Penuh Ditangkap, Salah Satunya Panwas Desa

Baca: Ketua PPS Melahirkan Saat Akan Berangkat Rapat Pleno, Anak Diberi Nama Muhammad Pleno Rizky

Baca: Video: Detik-detik Semburan Lumpur di Blora Setinggi Belasan Meter, Ada Rel Kereta Api di Sebelahnya

Pernyataan yang diucapkan Zelensky pada Malam Tahun Baru 2018 dengan cepat menuai dukungan dari masyarakat yang kontra terhadap pemerintahan Poroshenko. Tanpa pengalaman politik memadai, fokus kampanye Zelensky adalah menekankan perbedaan dirinya dari capres lain tanpa menjabarkan janji kebijakan yang nyata.

Dia juga menghindari wawancara utama, menahan diri tidak mengomentari kebijakan pemerintahan sekarang, serta hanya beberapa kali menggelar konferensi pers. Meski begitu, dia memperoleh kemenangan dalam pemilu ronde pertama yang dilangsungkan pada 31 Maret lalu dengan meraup suara lebih dari 70 persen.

Volodymyr Zelensky
Volodymyr Zelensky (Getty Images)
Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved