Pemilu 2019

Bawaslu Bungo Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye, APK di Mobil Juga Sasaran Ditertibkan

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bungo melakukan penertiban terhadap sejumlah alat peraga kampanye (APK)

Bawaslu Bungo Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye, APK di Mobil Juga Sasaran Ditertibkan
TRIBUNJAMBI/MAREZA SUTAN AJ
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bungo melakukan penertiban terhadap sejumlah alat peraga kampanye (APK) 

Bawaslu Bungo Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye, APK di Mobil Juga Sasaran Ditertibkan  

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bungo melakukan penertiban terhadap sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang masih terpampang di Kabupaten Bungo, Minggu (14/4/2019).

Penertiban ini dilakukan mengingat telah masuk masa tenang kampanye.

Kegiatan ini turut dibantu oleh Satpol-PP Kabupaten Bungo, Dinas Perkim, dan instansi terkait.

Penertiban ini juga diamankan oleh tim dari Polres Bungo.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Bungo, Abdul Hamid saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di 17 kecamatan di Kabupaten Bungo.

"Terhitung tanggal 14 April 2019 harus bersih semuanya. Hari ini kita sudah rapat koordinasi bersama dengan instansi terkait, partai politik, Satpol-PP, para camat. Kita sudah ada komitmen untuk membersihkan APK-APK yang merupakan sisa dari pembersihan yang dilakukan partai politik itu sendiri," katanya, Sabtu (13/4/2019).

Baca: Jangan Main-Main, Kampanye Saat Hari Tenang Bisa Kena Sanksi Pidana, Berikut Larangan dan Sanksinya

Baca: Diawali Cekcok di Lahan Parkir Pasar Malam, Pria di Pauh Sarolangun Jambi Ini Sekarat Ditikam

Baca: Alasan Mahfud MD Tidak Mau Deklarasi Dukungan Salah Satu Calon Presiden, Menarik Simpati Netizen

Disampaikannya, para caleg dan partai politik diimbau untuk membersihkan APK paling lambat Sabtu (13/4/2019) malam. Jika tidak, maka Bawaslu akan menindaklanjuti dengan penertiban.

"Dari partai politik yang hadir, mereka sudah bersedia menurunkan APK tersebut. Namun, jika pada tanggal 14 April 2019 masih ada yang tersisa, kita sudah siap dengan instansi terkait untuk turun secara bersama menertibkan dan membersihkan APK di lapangan," tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penertiban pada kendaraan-kendaraan yang terpasang stiker sosialisasi kampanye.

Dia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan razia di 17 kecamatan di Kabupaten Bungo.

"Kita meminta bantuan untuk merazia dan patroli bersama. Jika kedapatan kendaraan yang dibalut oleh stiker-stiker atau APK-APK kampanye yang sifatnya untuk sosialisasi, akan kita tertibkan. Nanti kita akan sama-sama dengan pihak kepolisian, turun ke lapangan bersama Satlantas, untuk menertibkan atau melepaskan APK yang ada di kendaraan," katanya.

Selain penertiban, pihaknya juga akan memberikan peringatan tertulis kepada yang masih melanggar.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved