Perbandingan Jumlah Harta Kekayaan Paslon Jokowi Maruf dan Prabowo Sandiaga, Ada Hutang 340 Miliar

Ketua KPK RI Agus Rahardjo menjelaskan pengumuman laporan harta kekayaan calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2019

Perbandingan Jumlah Harta Kekayaan Paslon Jokowi Maruf dan Prabowo Sandiaga, Ada Hutang 340 Miliar
TRIBUNNEWS/BIRO PERS/Kris
Presiden Joko Widodo melakukan santap siang bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Kamis (17/11/2016). Prabowo menemui Presiden untuk berdiskusi sekaligus membalas kunjungan Presiden 31 Oktober lalu ke kediaman Prabowo di Hambalang. 

Perbandingan Jumlah Harta Kekayaan Paslon Jokowi Maruf dan Prabowo Sandiaga, Ada Hutang 340 Miliar dan 1 Miliar 

TRIBUNJAMBI.COM - Ketua KPK RI Agus Rahardjo menjelaskan pengumuman laporan harta kekayaan calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2019 dilakukan sebagai bentuk transparansi perolehan harta mereka untuk dipertanggungjawabkan di kemudian hari.

Hal terssebut pun dilakukan dalam rangka pencegahan tambahan dana signifikan, tanpa diketahui sumbernya.

Apalagi, para pejabat publik akan diminta terus memperbaharui total harta kekayaan mereka dengan deadline per tanggal 31 Maret setiap tahunnya.

"Jadi kita tahu perkembangan dari harta mereka. Kita bisa memonitor apakah mereka mengumpulkan hartanya wajar atau tidak kalau perkembangannya meningkat luar biasa," ungkap Agus Rahardjo di KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

Calon presiden petahana Joko Widodo (tengah) didampingi calon wakil presiden Maruf Amin (kedua kanan) tiba di Gedung Joang, Jakarta, Jumat (10/8). Joko Widodo menyampaikan pidato politik sebelum mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.(PUSPA PERWITASARI)
Calon presiden petahana Joko Widodo (tengah) didampingi calon wakil presiden Maruf Amin (kedua kanan) tiba di Gedung Joang, Jakarta, Jumat (10/8). Joko Widodo menyampaikan pidato politik sebelum mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilpres 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.(PUSPA PERWITASARI) (kompas.com)

Baca: Lihai, Penyamaran Polisi di Apartemen Bandar Sabu Kelas Kakap, Jadi OB dan Tetangga Kamar

Baca: Jelang Kampanye Pasangan Capres Jokowi-Maruf, Kondisi Toilet GBK Sangat Kotor Memprihatinkan

Agus Rahardji juga berharap, ketaatan melapor LHKPN yang ditunjukkan para peserta Pilpres 2019 dapat dicontoh calon pejabat publik lainnya, baik itu ditingkat Eksekutif, Yudikatif, ataupun Legislatif.

Sebab, hingga pukul 04.00 WIB pagi tadi, kepatuhan para caleg melaporkan harta kekayaan mereka baru sekitar 66 persen.

"Kita harap mereka bener bisa membuka harta kekayaan supaya transparan, supaya rakyat bisa menentukan siapa yang dipilih nanti," ujar dia.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mengumumkan Laporan Harta Kekayaan calon Presiden dan calon Wakil Presiden peserta Pilpres 2019, Jumat (12/4/2019).

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Dari data yang dibeberkan KPU dan KPK terlihat jumlah harta kekayaan Capres 01 Joko Widodo terpaut jauh dari Capres 02 Prabowo Subianto.

Halaman
1234
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved