Hasil Survei Terbaru Charta Politika, Elektibilitas Masih Unggul Jokowi-Maruf Amin, Segini Bedanya

Empat hari jelang pencoblosan di Pilpres 2019, lembaga survei Charta Politika menyebut hasil surveinya menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin

Hasil Survei Terbaru Charta Politika, Elektibilitas Masih Unggul Jokowi-Maruf Amin, Segini Bedanya
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto (kanan) saling berpelukan disela menyaksikan Pencak Silat Asian Games 2018 di di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah/pras/18. - ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah/pras/18 

Hasil Survei Terbaru Charta Politika, Elektibilitas Masih Unggul Jokowi-MAruf Amin, Segini Bedanya dengan Prabowo

TRIBUNJAMBI.COM - Empat hari jelang pencoblosan di Pilpres 2019, lembaga survei Charta Politika menyebut hasil surveinya menunjukkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan Jokowi-Ma'ruf masih unggul 16,9 persen atas Prabowo-Sandi.

Ia menuturkan kubu petahana meraup suara sebesar 55,7 persen. Sementara paslon nomor urut 02 meraih suara sebesar 38,8 persen.

"Dari 55,7 persen pemilih 01, sudah 88,4 persen yang mantap memilih Jokowi-Maruf. Sementara 33,8 persen pemilih 02, sudah 87,8 persen yang mantap memilih Prabowo-Sandi. Angka yang sudah tinggi hampir 90 persen tidak akan berubah pilihan," ujar Yunarto, di Kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (13/4/2019).

Baca: Tersangka Pembunuh Guru Honorer Berdandan Seperti Cewek yang Diduga Punya Hubungan Spesial

Baca: Edi Purwanto Tolak Beri Saweran ke Ibu-ibu saat Kampanye Pemilu 2019, Akhirnya Beri Pengertian

Baca: Daftar Artis di Kampanye Jokowi-Maruf di GBK Siang Ini, Ashanty, Glenn Fredly, Sophia Latjuba, Dkk

Namun, ia tak menampik masih mungkinnya terjadi perubahan atas hasil survei ini. Lantaran survei ini dilakukan dengan menyisakan 7 hari sebelum pencoblosan.

Baca: BPN Sebut Pemilu 2019 Mengasyikkan Bak Permainan Catur

Selama tidak terjadi peristiwa besar dalam sisa waktu, Yunarto menegaskan kemungkinan besar Jokowi-Ma'ruf akan memenangkan Pilpres 2019.

"Akan tetapi, apabila tidak terjadi peristiwa besar sampai dengan tanggal 17, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan memenangkan Pemilihan Presiden 2019," kata dia.

Diketahui, survei ini dilakukan Charta Politika dengan periode waktu 5 hingga 10 April 2019. Adapun responden dalam survei ini sebesar 2.000 responden dengan margin of error 2,19 persen.

Baca: KPU Catat Ada 7 Hoaks Menghebohkan Publik yang Menyasar Pemilu 2019, Ini Dia

Baca: UPDATE 1 Jam Jelang Kampanye Jokowi-Maruf di GBK, Massa Kaus Putih Mengalir Penuhi Kawasan

Baca: Prabowo Pecat Indah Putri Indriani, Bupati Cantik Luwu Utara, Ternyata Ini Alasannya

Angka ini sendiri mengalami perubahan dari survei elektabilitas yang dilakukan Charta Politika sebelumnya pada Maret 2019, dimana paslon 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih suara 53,6 persen dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 35,4 persen.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 4 Hari Jelang Pilpres, Survei Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf Masih Ungguli Prabowo-Sandi 16,9 Persen, http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/04/13/4-hari-jelang-pilpres-survei-charta-politika-jokowi-maruf-masih-ungguli-prabowo-sandi-169-persen.
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak

Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved