Sendirian, Pria Ini Bikin Jalan Tembus Hutan, Seminggu 1,5 Km, Warga Nolak Bantu

Area jalan terjal, hutan, sungai, dan sebagainya tak jarang menghalangi warga ketoko terdekat

Sendirian, Pria Ini Bikin Jalan Tembus Hutan, Seminggu 1,5 Km, Warga Nolak Bantu
kml
Nicolas Muchami membuat jalan dengan cangkul, sekop, dan kapak,sejauh 1,5 km di desa Kaganda, Kenya. (Facebook/Ndagitari Kinyu gu Micheke JNE)

MURANGA, Tribunjambi.com - Tinggal di wilayah pedalaman tentu saja membuat penduduk desa untuk mendapat akses sejumlah fasilitas. 

Area jalan terjal, hutan, sungai, dan sebagainya tak jarang menghalangi warga ketoko terdekat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Namun, seorang pria di Kenya memutuskan untuk berbuat sesuatu untuk menyelamatkan penderitaan sesama penduduk desa lainnya.

Diwartakan BBC, Rabu (10/4/2019), Nicolas Muchami membuat jalan dengan cangkul, sekop, dan kapak, menyingkirkan semak-semak lebat agar warga dapat menuju toko-toko terdekat.

Kisah Muchami pertama kali disorot di Facebook oleh Kinyungu Micheke, yang memuji kegigihan pria tersebut setelah pemerintah tidak memperhatikan permintaan warga terkait jalan.

Selama enam hari, dia berhasil membersihkan area lebat menjadi terbuka untuk jalan sejauh 1,5 km. Berkat aksinya, kini dia dipuji sebagai pahlawan setempat bagi desa Kaganda, Muranga.

Biasanya, penduduk di wilayah sekitar 80 km dari utara Nairobi itu menggunakan rute sejauh 4 km untuk sampai ke pusat pertokoan.

Warga desa kesal karena jalan pintas ke toko-toko, melalui jalan setapak melewati tanah pribadi, baru-baru ini telah dipagari.

Muchami pun akhirnya terdorong untuk mengambil tindakan.

"Saya memiliki banyak energi dalam tubuh. Saya memutuskan untuk menjadi sukarelawan," katanya.

Halaman
12
Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved