Tiga Hari Masa Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Jambi Fokus Awasi Pelaku Politik Uang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi akan mengantisipasi terjadinya pelaku politik uang pada tiga hari di masa tenang.

Tiga Hari Masa Tenang Pemilu 2019, Bawaslu Jambi Fokus Awasi Pelaku Politik Uang
Ilustrasi politik uang 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi akan mengantisipasi terjadinya pelaku politik uang pada tiga hari di masa tenang Pemilu 2019.

Jelang memasuki masa tenang Pemilu 2019, Bawaslu Provinsi Jambi akan melakukan patroli pengawasan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya potensi pelanggaran jelang 17 April mendatang.

“Jajaran Bawaslu Provinsi Jambi sampai ke Pengawas TPS, akan secara bersama-sama melakukan patroli pengawasan, patroli ini sendiri dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya potensi pelanggaran seperti persoalan politik uang,” ujar.Fahrul Rozi, Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Senin (8/4).

Dijelaskannya, untuk mengoptimalkan kegiatan pengawasan tahapan masa tenang Pemilu 2019, maka Bawaslu akan melakukan patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang.

Baca: Sudah 20 Tahun Berjalan, SMPN 7 Siap Hentikan Program Belajar Tambahan Jika Pungutan Biaya Dilarang

Baca: Korupsi Bibit Kerbau Sarolangun Rugikan Negara RP 200 Juta, Hendra Divonis 1 Tahun Penjara

Baca: Dihantam Hujan Deras dan Angin Kencang, Atap Kantor Pos Muara Bungo Roboh

Baca: Jelang Pemilu 2019, KPU Bungo Masih Kekurangan Ribuan Surat Suara, DPR RI Terbanyak

Baca: Pemilu 2019, Sekda Minta Da’i Ikut Cegah Kemungkaran: Jangan Jual Harga Diri dengan Uang Sogokan

Patroli Pengawasan itu sendiri dilakukan sesuai dengan instruksi dari Bawaslu RI, Nomor 0711/K.Bawaslu/PM.01.00/3/2019 Tentang Surat Edaran Kegiatan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Pada Masa Tenang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta Presiden dan Wakil Presiden.

“Berdasarkan SE Bawaslu itu, maka akan dilakukan patroli pengawasan secara serentak pada 14-16 April 2019,” ujarnya.

Kegiatan ini sendiri akan diawali dengan apel siaga dan patroli pengawasan pada 11 April 2019 pukul 08.00 WIB di lapangan kantor Gubernur Jambi. Apel siaga ini sendiri nantinya akan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Bapak Gunawan Suswantoro.

Ditambahkannya, pada saat kegiatan tersebut, Sekjend Bawaslu RI akan secara simbolis melepaskan balon ke udara dan kendaraan patroli pengawasan sebanyak 12 unit. kendaraan ini akan keliling Kota Jambi, sebelum kendaraan patroli melanjutkan rute ke 11 Kabupaten/Kota.

“Jadi kita sudah menyiapkan kendaraan patroli pengawasan, yang akan keliling kabupaten/kota untuk menyerukan agar bersama-sama melawan dan menolak praktek politik uang, sebagai upaya pencegahan pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu, dan menunjukan kesiapan Pengawas Pemilu untuk mensosialisasikan pengawasan jelang hari pemungutan dan penghitungan suara,” tambahnya.

Dikatakannya, untuk itu dalam rangka memaksimalkan kegiatan ini, Bawaslu akan membentuk tim pelaksana yang bertugas untuk melakukan publikasi hasil pemetaan TPS rawan, hingga ekspose ke media sosial, website dan media cetak.

“Panduan kita tetap pada surat edaran dari Bawaslu RI sudah yang mengatur mekanisme tentang kerja patroli pengawasan sampai ke tingkah bawah, mudah-mudahan gerakan ini bisa meminimalisir potensi pelanggaran Pemilu,” katanya.

Baca: Ratusan Warga Tanjab Timur Lakukan Ratib Saman, Tradisi Kampung untuk Tolak Balak

Baca: Kaji 25 Grup Perusahaan Sawit, Walhi: Satu Juta Hektare Izin Perkebunan Sawit di Jambi Tak Jelas

Baca: Tolak Balak, Warga Tanjab Timur Jambi Lakukan Tradisi Ratib Saman, Keliling Kampung Sambil Tahlilan

Baca: TUK Indonesia Sebut 25 Grup Taipan Sawit Bermain di Pemilu 2019

Baca: Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba di SMP, BNN Kota Jambi Berikan Tips untuk Hindari Narkoba

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved