Lima Hari Jelang Penutupan, Pelaporan SPT PPh Capai 95,7 Persen

Akhir Maret 2019, merupakan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi Tahun Pajak 2018.

Lima Hari Jelang Penutupan, Pelaporan SPT PPh Capai 95,7 Persen
Tribunjambi/Rohmayana
KPP Pratama Telanai Hanya Layani Wajib Pajak di 5 kecamatan dan Kabupaten Muarojambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Akhir Maret 2019, merupakan batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi Tahun Pajak 2018. Bagi yang menyampaikan lewat pada 31 Maret maka akan didenda sesuai dengan jumlah penghasilannya.

Untuk Kota Jambi, pelaporan SPT PPh bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Telanaipura dan KPP Pratama Pelayangan, sesuai dengan kecamatannya masing-masing. Bagi wajib pajak yang berada di wilayah kecamatan Pasar Besar, Alam Barajo, Danau Sipin, Telanai , Kota Baru, dan Kabupaten Muarojambi bisa melapor di KPP Pratama Telanai. Sementara untuk 6 kecamatan yang lain bisa melapor SPT PPh di KPP Pratama Pelayangan.

Disampaikan kepala KPP Pratama Telanaipura Arif Puji Susilo, bahwa wajib pajak yang melapor SPT PPh tidak seramai beberapa tahun lalu. Sebab saat ini sudah banyak yang tahu cara melapor SPT PPh melalui E Filling.

Baca: 20 Ribu Surat Suara Rusak, KPU Tanjab Timur Juga Kekurangan Ratusan Logistik Pemilu

Baca: Entaskan Penduduk dari Kemiskinan, Pemkab Muarojambi dan Baznas Prioritaskan Program Bedah Rumah

Baca: Tak Terima Dicoret dari DCT, 7 Caleg DPRD Sarolangun Ajukan Koreksi ke Bawaslu RI

Baca: M Fauzi: Bupati Tanjab Barat Tak Perlu Kecewa

Hanya saja masih ada wajib pajak yang lupa pasword atau lupa nomor E FIN. Sehingga banyak pelayanan saat ini melayani cara mengganti pasword atau lupa cara mengisi E filling.

"Ada juga yang masih melapor secara manual, tapi yang sudah melapor sendiri sudah mencapi 60 persen. Sisanya 40 persen ini lupa Sandi, lupa E FIN, lupa cara mengisi E Filling, dan mengisi secara manual. Sehingga antrean tidak terlalu panjang lagi," ujarnya.

Sementara menurutnya saat ini di 5 kecamatan dan Kabupaten Muarojambi wajib pajak yang sudah melapor SPT PPh sudah mencapai angka 95,7 persen. Dirinya berharap antusias wajib pajak terus bertambah untuk melapor serta membayar SPT PPh.

"Memang sukses untuk wajib pajak animonya sangat besar, masih punya waktu beberapa hari ke depan untuk mencapai 100 persen," katanya.

Sementara untuk yang wajib pajak yang membayar SPT PPh diperkirakan sekitar 20 ribuan. Karena yang dihitung membayar ini merupakan orang pribadi yang usahawan. "Kalau yang karyawan sudah dihitung dan dipotong pajaknya oleh perusahaan masing-masing," katanya.

Tahun lalu pihaknya ditargetkan 3,4 triliun dengan penerimaan bruto sekitar 98,40 persen. Namun tahun ini karena KPP sudah dipecah maka targetnya sekitar 1,6 triliun.

"Nanti terlihat jumlah penerimaan pajaknya pada akhir Desember, kalau sekarang masih menerima laporan," ujarnya.

Baca: Menahun Irigasi di Desa Pondok Pulau Sangkar Rusak, Sawah Empat Desa di Kerinci Jambi Kekeringan

Baca: Dugaan Korupsi Pembangunan Sekolah SMK Lukman Al Hakim, Saksi Ahli BPKP: Ada Selisih Rp100 Jutaan

Baca: Uang Pecahan Rp50 Ribu & Rp100 Ribu di Celengan Warga, Hilang Misterius, Ada yang Bilang Ulah Tuyul

Baca: Hari Jadi Lapas ke 55, Warga Binaan Lapas Kuala Tungkal, Goro Bersihkan Masjid

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan bagi wajib pajak yang masih lupa pasword dan lupa E FIN, atau lupa cara mengisi E filling. WP bisa menyimpan nomor-nomor tersebut di kontak handphone atau android.

"Atau bisa dibuatkan buku sakunya, jadi kalau tahun depan mau lapor tinggal buka cara-caranya. Jadi tidak perlu lagi ke KPP Pratama hanya untuk mereset sandi E Filling," katanya.

Ia juga berterimakasih kepada warga Kota Jambi yang sudah melaporkan SPT PPh tepat pada waktunya. Sehingga saat ini sudah mencapai angka 95,7 persen wajib pajak yang sudah melapor SPT PPh.

"Kita tetap imbau wajib pajak untuk melapor SPT PPh di awal waktu supaya, jika terjadi sesuatu kesalahan bisa segera didampingi oleh petuga KPP Pratama yang sudah disiapkan," katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved