KPU Muarojambi Siapkan 22 Lapangan Khusus untuk Kampanye Partai, Dilarang Bagi-bagi Duit Cash

KPU Muarojambi mengelar rapat koordinasi fasilitasi penayangan iklan kampanye dan kampanye rapat umum pada Pemilu 2019.

KPU Muarojambi Siapkan 22 Lapangan Khusus untuk Kampanye Partai, Dilarang Bagi-bagi Duit Cash
Tribunjambi/Samsul Bahri
KPU Muarojambi mengelar rapat koordinasi fasilitasi penayangan iklan kampanye dan kampanye rapat umum pada Pemilu 2019. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-KPU Muarojambi mengelar rapat koordinasi fasilitasi penayangan iklan kampanye dan kampanye rapat umum pada Pemilu 2019. Acara ini dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Muarojambi, Kamis (21/3).

Acara ini dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Muarojambi, Ketua Komisioner KPU Muarojambi, Elfi Prasatia, Anggota Komisioner KPU Muarojambi, Andi Agusri, Ketua Bawaslu Muarojambi, M Yusup, Pimpinan Panwaslu Muarojambi, Yasril. Selain itu, juga turut hadir anggota partai pemilu di Kabupaten Muarojambi serta pihak kepolisian.

Sebagaimana dalam kesempatan ini, Andi Agusri menyampaikan mengenai mekanisme kampanye dalam media. Katanya KPU Muarojambi hanya memfasilitasi kampanye partai politik bukan caleg.

"Untuk penayangannya seperti apa itu mekanismenya ada di parpol, ini internal parpol dengan caleg. Yang kita fasilitasi di KPU Kabupaten ini bukan caleg tapi parpolnya," ujarnya.

Baca: Ketemu Tokoh Agama dan Masyarakat Jelang Pemilu, Kapolres Muarojambi Minta Warga Berani Lawan Hoaks

Baca: Rokok Tanpa Pita Cukai Beredar Bebas di Sungai Penuh dan Kerinci

Baca: 31 Tenaga Kesehatan Diangkat Jadi CPNS Muarojambi, Penetapan Tunggu SK Bupati Masnah

Baca: Kasus Pipanisasi Tanjab Barat, Divonis 2,5 Tahun Penjara Wendy Leo Masih Pikir-pikir untuk Banding

Baca: Ditinggal Sebentar Layani Pembeli, Rumah Makan di Jangkat Habis Terbakar, Polisi Ungkap Penyebabnya

Sementara itu, terkait dengan aturan-aturan yang ada mengenai penayangan iklan dalam media, menurut Agus telah ditetapkan dan diatur dalam Keputusan KPU RI Nomor 581.

"Semuanya sudah diatur dalam putusan KPU RI nomor 581. Nah untuk pengiklanan di media, jadi partai politik tidak perlu lagi verifikasi ke kita, jadi iklan itu harus sesuai dengan aturan tadi. Jika tidak sesuai maka itu yang mengurusnya Bawaslu dan KPID," terangnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini pihak KPU juga menjelaskan mengenai Jadwal rapat umum kampanye. Yang mana dikatakan oleh Agus, bahwa pihaknya hanya menyampaikan apa yang ada dalam aturan KPU RI Nomor 581.

"Itu jadwal dan regulasinya ada di KPU RI kita hanya menyesuaikan. Itu yang kita sampaikan ke partai. Namun kita dari kabupaten menyiapkan lapangan untuk pelaksanaan rapat umum itu," sebutnya.

Ia menerangkan setidaknya ada sekitar 22 lapangan yang disiapkan oleh KPU Kabupaten Muarojambi yang dapat digunakan oleh partai dalam pelaksanaan kampanye.

"Jadi mereka pada saat kampanye di Jambi, khususnya untuk Kabupaten Muarojambi bisa menggunakan 22 lapangan yang kita sediakan. Itu untuk per-kecamatan kita sediakan dua lapangan yang dapat mereka gunakan," sebutnya.

Sementara untuk mekanisme dalam penggunaan lapangan, dikatakan oleh Andi bahwa partai harus mengajukan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) untuk melakukan kampanye di lapangan.

Ditambahkannya, bahwa pada saat rapat umum kampanye, dilarang memberikan uang cash untuk biaya transportasi ataupun konsumsi.

Baca: Disebut Gagal, Program OKE OCE Saat Sandiaga Uno Menjadi Wakil Gubernur Jakarta, Ini Faktanya

Baca: Cuitan Fahri Hamzah Sindir Rocky Gerung Bandingkan Histeria Terhadap Kubu Petahana, Jokowi-Maruf

Baca: Mahfud MD Bongkar Tiga Kasus Jual Beli Jabatan di Kemenag Di ILC TV One, Siapa Terlibat ?

Baca: Ini yang Akan Dilakukan Capres Nomor Urut 01 Jokowi Jika Tidak Terpilih Pemilihan Presiden 2019

"Jadi siapa yang duluan mengajukan STTP ke pihak kepolisian. Maka dialah yang berhak untuk menggunakan lapangan tersebut untuk rapat umum kampanye. Pada saat rapat umum dilarang pakai duit cash, untuk transportasi atau konsumsi itu bisa kerja sama dengan rumah makan atau pom bensin, seperti dalam bentuk kupon. Intinya tidak boleh duit cash," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved