Breaking News:

Wiroyudo Tak Mampu Lawan Siluman, di Pentas Seni Nusantara, Taman Budaya Jambi 15-24 Maret

ertunjukan seni kuda lumping berlangsung di Teater Arena, Taman Budaya Jambi, Selasa (19/3). Mereka berasal dari Kuda Lumping Tunas Karya Jambi.

Tribun Jambi/Nurlailis
Sebanyak 16 etnis akan tampil di Pentas Seni Nusantara yang berlangsung di Taman Budaya Jambi pada 18-24 Maret 2019. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pertunjukan seni kuda lumping berlangsung di Teater Arena, Taman Budaya Jambi, Selasa (19/3). Mereka berasal dari Kuda Lumping Tunas Karya Jambi.

Alunan gamelan mengiringi pertunjukan dari awal hingga akhir pertunjukan. Seorang sinden dan dalang sebagai pembawa cerita.

Kemudian mucul Wiroyudo sebagai pangarep, bersama dengan delapan prajurit. Masing-masing dari mereka membawa kuda lumping.

Para pemain ini menggunakan kostum tradisional pertunjukan. Didukung dengan make up, serta lighting yang apik pertunjukan ini sukses membuat para penonton terpukau.

Ditambah lagi, selain alunan gamelan, dari kostum mereka ada kerincingan yang melingkar di kaki dalam jumlah banyak. Sehingga dalam setiap gerakan menghasilkan bunyi yang membuat pertunjukan jadi lebih hidup.

Selain Wiroyudo dan prajurit, ada pula dua siluman yang hadir untuk mengacau pertunjukan.

Saat Wiroyudo tidak sanggup melawan para siluman, datang dua hanoman putih dan biru yang membantu mengusir para siluman.

Pemain Kuda Lumping Tunas Karya, Febrianto mengatakan tunas karya sudah ada sejak tahun 1982. Seiring berjalannya waktu setiap pertunjukan dikemas dengan bentuk yang makin berkembang baik secara jalan cerita maupun segi artistik lainnya.

“Mengenai regenerasi dari tunas karya sendiri adalah dengan merekrut keluarga atau orang-orang yang sering menonton pertunjukan dan proses latihan. Biasanya dimulai sejak anak-anak sekolah SD. Ibaratnya tunas, regenerasi selalu muncul terus,” ungkapnya, Selasa (19/3).

Dari segi artistik seperti kostum, make up dan lainnya merupakan kreasi tunas karya sendiri.

Kuda lumping tunas karya berlokasi di Tanjung Lumut. Untuk daerah Jambi, mereka sudah melanglang buana ke berbagai daerah di Jambi.

Tunas karya turut memeriahkan pentas seni nusantara yang berlangsung di Taman Budaya Jambi pada 18-24 Maret. Mereka mewakili etnis Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu ada 15 etnis lainnya yang akan memeriahkan pertunjukan yang berlangsung di tiap malam pukul 19.30 WIB.(nurlailis)

Baca: Live Streaming RCTI & Vidio.com Mega Konser Dunia Calum Scott di RCTI Nanti Malam

Baca: Kapan Pembayaran THR Lebaran 2019 Dilakukan? Rincian Rapelan CPNS, Tunjangan 2019 hingga Gaji 13?

Baca: Menarik dan Keren! 16 Etnis akan Tampil di Pentas Seni Nusantara, Ini Daftarnya

Penulis: Nurlailis
Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved