Pilpres 2019

Jelang Debat Cawapres, Topik Ketenagakerjaan Mendominasi di Media Sosial, Banyak Yang Tak Tertarik

“Saya khawatir kalau kita tidak mengawal isu-isu yang sifatnya tidak programatis nanti itu perdebatannya hanya fokus pada tampilan, pada gaya

Jelang Debat Cawapres, Topik Ketenagakerjaan Mendominasi di Media Sosial, Banyak Yang Tak Tertarik
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Maruf Amin dan Sandiaga Uno, Pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2019 

Jelang Debat Cawapres, Topik Ketenagakerjaan Mendominasi di Media Sosial, Banyak Yang Tak Tertarik

TRIBUNJAMBI.COM - Bagi beberapa orang, debat dua calon wakil presiden (cawapres) kurang menarik.

Apa lagi bagi kaum muda, debat cawapres masih belum begitu menarik perhatian.

Di media sosia Isu tenaga kerja mendominasi perbincangan menjelang berlangsungnya Debat Capres putaran ke-3 yang menampilkan dua calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu, 17 Maret 2019.

Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM kembali melakukan analisis Big Data dengan mengambil data percakapan di Twitter, menggunakan metode Application Programming Interface, antara 3-13 Maret 2019.

Analisa untuk mengetahui isu yang banyak dibicarakan di Twitter menjelang debat dua cawapres itu, menunjukkan topik tenaga kerja dan sosial budaya mendominasi perbincangan.

Baca: Mertua Baru Tiba, Ashanty Malah Cekcok dengan Ibu Anang Hermansyah, Ashanty: Iya lah, Sombong!

Arya Budi, peneliti DPP menjelaskan, hasil analisis hanya terbatas pada kelompok yang memiliki akses Internet dan menggunakan platform Twitter.

Baca: Wow! Lucinta Luna Akui Menstruasi Tiap Tanggal 5, Hotman Paris Bingung Setengah Mati,Ini Kata Dokter

“Topik yang kami crawling (data yang diambil) dari percakapan di Twitter adalah terkait dengan percakapan tentang debat itu sendiri, dan juga terkait dengan topik-topik debat yaitu pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ketenagakerjaan,” kata Arya Budi.

“Ini kami potret selama 10 hari, memang analisis ini punya limitasi karena kami hanya menganalisis orang-orang yang punya akses terhadap Internet terutama platform twitter. Kami tidak memotret keseluruhan percakapan orang-orang yang ngumpul di angkringan, di face, misalnya,” kata Arya Budi menambahkan.

Mada Sukmajati, peneliti DPP lainnya menjelaskan hasil analisis Big Data menunjukkan, warganet tertarik membicarakan topik diluar layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan tetapi topik lain yaitu tenaga kerja dan sosial budaya.

Halaman
123
Editor: Tommy Kurniawan
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved