Kisah Militer

Kopaska Pasang 'Jebakan Maut' di Bank sambil Senyum, Pembajak Tak Sadar Maduk Perangkap

Anggota tim Kopaska mulai khawatir, jangan-jangan buruannya sudah tahu rencana itu. Tiba-tiba orang yang ditunggu-tunggu datang.

Kopaska Pasang 'Jebakan Maut' di Bank sambil Senyum, Pembajak Tak Sadar Maduk Perangkap
Kolase/Ist
Kopaska dan Yontaibi 

Jebakan maut sudah dipasang. Tapi tim Kopaska mulai khawatir, jangan-jangan buruannya sudah tahu rencana itu. Tiba-tiba orang yang ditunggu-tunggu datang.

TRIBUNJAMBI.COM - Dari sedemikian banyak aksi heroik pasukan elite TNI, kisah Kopaska ini menarik dan unik.

Peristiwa ini terjadi pada 2006, saat terjadi pembajakan kapal oleh Gerakan Aceh Merdeka,di Aceh Timur.

Pembajak melakukan penyanderaan awak kapal dan meminta uang tebusan. Tim intelijen Kopaska dibentuk lalu dikirim untuk menggagalkan aksi GAM.

Pasukan Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) melakukan pengintaian dalam latihan operasi Over The Beach Operation di Kompleks Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (7/8/2017). Kegiatan tersebut merupakan latihan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anggota Kopaska dalam menghadapi musuh. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pasukan Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) melakukan pengintaian dalam latihan operasi Over The Beach Operation di Kompleks Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (7/8/2017). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kisah ini ditulis di buku Kopaska, Spesialis Pertempuran Laut Khusus.

Berani bertarung dan bertempur di dalam air, bahkan tidak hanya di perairan, Komando Pasukan Katak (Kopaska) juga ahli bertempur di daratan dengan keahlian khususnya.

Baca: Denjaka Kopaska Kopassus Meluncur di Laut, Perompak Somalia Tak Bekutik Minta Ampun

Baca: Tiba di Rumah Duka, Ibunda Kopassus yang Gugur Serda Siswanto Bayu Aji Histeris Lalu Pingsan

Baca: Denjaka Kopaska Kopassus Meluncur di Laut, Perompak Somalia Tak Bekutik Minta Ampun

Baca: 313 Posisi Lowongan Kerja BUMN PT Pertamina Maret-April 2019, Lulusan SMA hingga S-1

Kisah kehebatan Pasukan Khusus milik TNI AL tersebut tidak hanya di beberapa misi saja. Bahkan, saat terjadinya pemberontakan oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Kopaska pun dilibatkan.

Seperti kisah berikut, tahun 2006 silam saat salah satu kelompok sayap Gerakan Aceh Merdeka (GAM) melakukan pembajakan terhadap sebuah kapal ikan Indonesia di kawasan Perlak, Aceh Timur menjadi pembuktian bahwa Kopaska pun handal dalam operasi di darat.

Kopaska yang pada saat itu dipimpin oleh Kolonel Irawan membentuk sebuah tim intelijen bernama Tim Kejar untuk menggagalkan pembajakan tersebut.

Kelompok sayap GAM itu melepaskan kapal ikan, namun mereka menyandera Nahkoda dan Kepala Kamar Mesin (KKM) untuk dijadikan tawanan.

Halaman
1234
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved