TRIBUNWIKI - Sejarah Berdirinya Universitas Jambi (Unja), Nama Rektor Dari Masa ke Masa

Sebagai warga Jambi atau yang pernah merasakan kuliah di Universitas Jambi (Unja), harus mengenal dan mengetahui kampus tersebut

TRIBUNWIKI - Sejarah Berdirinya Universitas Jambi (Unja), Nama Rektor Dari Masa ke Masa
dok.Unja
Prof. Dr. Ismunandar bersama Rektor Unja Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H.,Ph.D, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan serta undangan lainnya saat memasuki Balairung Unja (9/2). 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebagai warga Jambi atau yang pernah merasakan kuliah di Universitas Jambi (Unja), harus mengenal dan mengetahui kampus tersebut sebagai bentuk kecintaan dan pengabdian almamater.

Tahukah, ternyata kampus Unja memiliki sejarah yang cukup panjang. Dilansir dari laman Unja.ac.id, Pada tahun 1960, berdiri Akademi Perniagaan Djambi yang bernaung di bawah Jajasan Perguruan Tinggi Djambi.

Yayasan ini didirikan atas prakarsa tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintahan Jambi waktu itu dan diketuai oleh R. Sudarsono yang waktu itu menjabat sebagai Walikota Jambi.

Selanjutnya pada tahun 1961, Akademi Perniagaan Djambi berubah menjadi Fakultas Ekonomi bersamaan dengan pendirian Fakultas Hukum, keduanya berafiliasi ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Berbekal dengan adanya dua Fakultas tersebut, tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Jambi memperjuangkan berdirinya sebuah perguruan tinggi di Jambi melalui Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi.

Baca: Bupati Sahirsyah Siapkan Data Laporan Kekayaan, Sebut Cuma Verifikasi

Baca: Ini dia Tol Langit Yang Akan Dibangun Jokowi, Sering Jadi Pembicaraan.

Baca: Klarifikasi Bupati Pandeglang Soal Video Viral Pasien Ditandu 3 Km ke Puskesmas Cuitan Dahnil Anzar

Baca: Perancang Busana Danny Satriadi Ungkap Detail Busana Lamaran Reino Barack dan Syahrini

Dengan Keputusan Menteri PTIP Nomor 105 Tahun 1962 tanggal 15 Agustus 1962 dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Jambi. Panitia ini diketuai oleh Kolonel M.J. Singedekane, yang pada waktu itu adalah Gubernur Provinsi Jambi.

Hasil kerja Panitia ini adalah berdirinya pada tanggal 1 April 1963 Universitas Negeri Jambi yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963.

Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi kemudian membuka dua Fakultas Baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan, sehingga pada saat diresmikan tanggal 1 April 1963, Universitas Negeri Jambi memiliki empat Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. Mulai saat itu, tanggal 1 April dijadikan sebagai tanggal Dies Natalis Universitas Jambi.

Baca: Jadwal Siaran Langsung PSG vs Manchester United Leg 2 Liga Champions & Laga Munchen vs Liverpool

Baca: Pejabat Eselon II Muarojambi Segera Dilantik, Hasil Evaluasi Sudah di Sampaikan ke Bupati

Baca: Promo Tiket TIX ID - Diskon 50 Persen untuk Pembelian Tiket Film Captain Marvel, Buruan Beli!

Baca: 14 Kepala Daerah di Jambi Dipanggil KPK Klarifikasi LHKPN, Begini Tanggapan Sekda Provinsi Jambi

Dalam tahun 1966 keluar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 148 yang menetapkan berdirinya Universitas ini dengan nama Universitas Jambi. Namun karena suatu dan lain hal Surat Keputusan Presiden tersebut tidak sampai di Jambi, maka selama bertahun-tahun hingga keluarnya Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1982 Universitas ini bernama Universitas Negeri Jambi.

Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 di samping menetapkan berdirinya Universitas Negeri Jambi, menetapkan suatu Presidium yang bertugas memimpin Universitas ini yaitu Kolonel M.J. Singedekane selaku Gubernur Jambi yang tadinya menjabat Ketua Panitia Persiapan. Masa kepemimpinan Universitas dengan sistem presidium ini berjalan dari awal berdirinya tahun 1963 sampai tahun 1977. Sistem ini berakhir dengan diangkatnya Drs. Kemas Mohamad Saleh sebagai Pejabat Rektor oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Halaman
12
Penulis: heri prihartono
Editor: heri prihartono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved