Gubernur Jambi Kumpulkan Bupati dan Walikota, Minta Teken Kesepakatan Kerja Sama

Percepat roda pembangunan di Wilayah Provinsi Jambi, Gubernur Jambi Fachrori Umar mendorong bupati dan walikota untuk menjalin kerja sama.

Gubernur Jambi Kumpulkan Bupati dan Walikota, Minta Teken Kesepakatan Kerja Sama
Tribunjambi/Zulkifli
Gubernur Jambi Fachrori Umar mendorong bupati dan walikota untuk menjalin kerja sama. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Untuk mempercepat roda pembangunan di Wilayah Provinsi Jambi, Gubernur Jambi Fachrori Umar mendorong pemerintah kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk menjalin kerja sama.

Upaya dukungan Pemprov ini dilakukan dengan mengumpulkan para Bupati dan Walikota, untuk menandatangani kesepakatan bersama antar Kabupaten Kota se Provinsi Jambi, tentang kerja sama antar daerah, di Ruang Pola Kantor Gubernur,  Senin (4/3) siang.

Penandatanganan kesepakatan bersama antar daerah hari ini merupakan salah satu bentuk fasilitasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

Para Bupati Wali Kota, maupun yang mewakili daerah yang hadir satu persatu menandatangani kesepakatan kerja sama tersebut.

Baca: Saksi Kasus Dugaan Korupsi Bimtek DPRD Kota Jambi, Badouzaman Mengaku Dalam Tekanan

Baca: Eks Arena MTQ Batanghari Dibiarkan Rusak, Ketua DPRD Bilang Menyesal

Baca: Lek Min Senang Satgas TMMD ke 104 Kodim Kerinci Membantu Menjemur Kerupuk

Baca: Bupati dan Wakil Bupati Kerinci Resmi Dilantik, Bupati Masnah Berharap Bisa Kerja Sama Bangun Jambi

Gubernur Jambi Fachrori Umar, dalam arahannya menyampaikan paradigma pembangunan baik secara global, nasional hingga ke tingkatan pemerintahan lokal semakin kompleks. Persoalan pembangunan kerap terkendala terbatasnya sumber daya, maka kerja sama menjadi suatu pilihan yang harus diambil.

Tidak mengherankan saat ini banyak sekali negara-negara atau daerah-daerah yang menjalin kerja sama baik kerja sama dalam skala kecil dua pihak atau kerja sama dalam skala besar lebih dari dua pihak.

"Saya sangat yakin bahwa ada banyak potensi kerja sama yang dapat dijalin oleh kabupaten dan kota. Baik dalam skema kerja sama wajib maupun kerja sama sukarela misalnya untuk penyediaan layanan publik seperti pendidikan, kesehatan, air bersih pemadam kebakaran hingga kerja sama yang lebih kompleks seperti kerja sama ekonomi pengelolaan lingkungan teknologi dan lain-lain," kata Fachrori.

"Oleh karena itu saya sangat mendorong dan mendukung implementasi kerja sama daerah ini. Baik dalam bentuk kerja sama wajib maupun kerja sama sukarela," tambahnya.

Namun demikian lanjut Fachrori, tata cara dan mekanisme kerja sama sudah diatur oleh pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota tidak bisa seenaknya melakukan kerja sama baik kerja sama antar daerah, kerja sama dengan pihak ketiga, terlebih lagi kerja sama luar negeri. Kerja sama daerah harus diketahui oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah di daerah.

Baca: BREAKING NEWS: Video Live Andi Arief, Politisi Demokrat Ditangkap Kasus Narkoba

Baca: UPDATE Pembunuhan Jamal Khashoggi, Jenazah Diduga Dibakar di Oven, Keterangan Penjaga Jadi Petunjuk

Baca: Penyampaian LHKPN ke KPK, Ini Jadwal Pemeriksaan Bupati dan Wabup Muarojambi

Baca: Ribuan Penerima PKH di Sarolangun, Terima Bantuan Lebih Banyak dari Tahun Sebelumnya, Ini Jumlahnya

Selain itu untuk memperlancar pelaksanaan kerja sama antar kabupaten/kota ini, agar membentuk dan mengefektifkan tim koordinasi kerja sama daerah. Seluruh kerja sama yang akan dilakukan harus melalui pertimbangan dan rekomendasi tim koordinasi kerja sama daerah.

"Saya harapkan penandatanganan kesepakatan bersama hari ini dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing kabupaten dan kota dalam bentuk kerja sama yang lebih implementatif. Semoga kerja sama antar daerah ini nantinya memberi dampak positif dalam upaya kita mewujudkan Jambi tuntas 2021, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata di seluruh wilayah Provinsi Jambi," pungkas Fachrori.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved