TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI - Kuliner Khas Jambi Dengan Kelezatan Sambal Sejuta Manfaat Buat Kesehatan

Sebagai warga Jambi wajib hukumnya mengenal makanan khas Jambi yang menggugah selera. Jambi

TRIBUNWIKI - Kuliner Khas Jambi Dengan Kelezatan Sambal Sejuta Manfaat Buat Kesehatan
TRIBUNJAMBI/ALDINO
Sambal Kuliner Khas Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebagai warga Jambi wajib hukumnya mengenal makanan khas Jambi yang menggugah selera. Jambi ternyata punya sejumlah makanan khas, yang tentunya selalu ada sambal sebagai pendampingnya.

1. Ikan Lambak Sambal Goreng

Bila Sumatera Barat punya ikan bilih yang endemic hidup di danau Singkarak, Jambi memiliki ikan khasnya, yakni Lambak. Ukuran dan bentuknya nyaris sama dengan ikan bilih, namun ikan lambak disebut ikan spesial dikarenakan keberadaannya yang sulit dijamah.

Ikan lambak merupakan ikan musiman yang hidup di dasar sungai Batanghari. Kenikmatan ikan lambak menjadi ‘hadiah’ ketika musim penghujan tiba. Sedangkan saat musim kemarau seperti sekarang, ikan ini tak banyak dijumpai.

Hj Herni merupakan satu dari sedikit pemilik rumah makan di Jambi yang konsisten menyajikan menu rumahan khas Jambi. Meski tidak banyak, ia mencoba untuk terus menyajikan menu rumahan ini untuk pelanggan yang datang ke rumah makannya. Seperti yang tersaji ketika Tribun singgah di rumah makan miliknya pertengahan pekan lalu. Kalau tidak memesan terlebih dulu, bisa-bisa menu ini sudah habis dipesan pelanggan.

“Ikan ini gurih dan dagingnya sedikit lebih tebal dibanding siluang. Ikan ini khas Jambi dan musiman karena cuma muncul pas musim hujan. Ikan dasar sungai, kalau siluang ngambang kalau lambak ikan dasar sungai. Orang banyak suka karena rasanya gurih,” kata ibu tiga anak ini seraya menyodorkan seporsi ikan lambak sambal goreng.

Ikan lambak paling nikmat disajikan kering, bisa digoreng biasa bisa goreng pedas seperti yang disajikan Hj Herni. Untuk membuat ikan lambak sambal goreng sangat sederhana. Ikan cukup dibersihkan dan digoreng kering dicampur dengan cabai, bawang merah, garam dan gula secukupnya.

Baca: Ribuan Paket Kegiatan, Tercatat di ULP Kabupaten Batanghari, Ini Rinciannya

Baca: Satgas TMMD ke-104 Kodim 0417/Kerinci Salat Jumat Bersama Warga, Doa Agar Selamat, Sukses Bertugas

Baca: Bicara Soal Kematian, Kadis Peternakan dan Perikanan Bungo Isi Tausiyah Basuh

2. Sambal Pijak Ikan Nila

Jangan salah. Meski menggunakan embel-embel ‘sambal’, namun olahan ini sering dijadikan menu lauk utama. Ditempat asalnya, Sarolangun, sambal pijak dibuat menggunakan ikan semah yang banyak hidup di sungai. Di Jambi, ikan tersebut cukup sulit ditemui. Oleh karena itu Hj Herni mengolahnya menggunakan ikan nilai yang memiliki tekstur daging yang tebal.

Untuk membuat sambal pijak, ikan tidak digoreng melainkan dipanggang. Sembari ikan dipanggang, siapkan beberapa bahan antara lain cabai rawit hijau, asam (bisa asam belimbing bisa asam jeruk nipis), bawang, dan garam. Cabai cukup dibasuh air hangat, sedangkan asam harus direbus terlebih dulu. Setelah itu, cabai dan asam dilembutkan bersama garam. Ikan yang sudah selesai dipanggang disuir-suir kemudian dipijak hingga merata.

Halaman
1234
Editor: heri prihartono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved