Viral Video Emak-emak di Karawang, Begini Kabar Terbarunya, Penetapan Status 3 Emak-emak

Penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar me‎nyisakan waktu hingga tengah malam nanti untuk menentukan status ketiga emak-emak yang diamankan.

Viral Video Emak-emak di Karawang, Begini Kabar Terbarunya, Penetapan Status 3 Emak-emak
capture wa
Terduga pelaku ujaran kebencian ke Paslon 01, video viral di Kerawang 

TRIBUNJAMBI.COM - Penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar me‎nyisakan waktu hingga tengah malam nanti untuk menentukan status ketiga emak-emak yang diamankan karena ujaran kebencian berkaitan dengan Pilpres 2019.

"Yess, 1x24 jam. Ketiganya diamankan kemarin Minggu (24/2) malam," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko via ponselnya, Senin (25/2). Ketentuan itu sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

"Mungkin besok status ketiganya sudah ada perkembangan terbaru. Saat ini ketiganya masih sebagai terperiksa," ujar Trunoyudo.

Dalam kasus ini, terdapat dua penanganan hukum terhadap ketiganya. Pertama tindak pidana murni sesuai KUH Pidana dan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Dua-duanya masih didalami. Di ‎kasus ITE nya masih diperiksa, begitupun tindak pidana pemilunya masih didalami oleh Bawaslu. Pendalaman ini untuk menentukan ada atau tidaknya tindak pidana dalam perbuatan ketiga orang ini," ujar Trunoyudo.

Baca: Final Piala AFF U22 2019, Link Streaming Timnas Indonesia Vs Thailand Nanti Malam, Mulai 18.30 WIB

Baca: Kondisi Terbaru Pesawat Malaysia Airlines MH724 Mendarat Darurat di Bandara Sultan Thaha Jambi

Baca: Pesawat Malaysia Airlines MH724 Mendarat Darurat di Sultan Thaha Jambi, Ini yang Jadi Penyebabnya

Ia menerangkan, kedua penanganan ini penting untuk ditempuh karena berkaitan dengan tugas Polri yang berkomitmen untuk menjga tatanan demokrasi yang sesuai aturan yang berlaku.

"‎Kemudian ini kan tentang black campaign, kontennya (video) sudah kita dengar dan lihat bersama. Tapi penyidik masih perlu pemeriksaan ahli forensik dan ahli bahasa," ujar Trunoyudo.

Dalam kasus ini, penyidik menyita ponsel milik ketiganya sekaligus menyimpan video viral berisi ajakan untuk tidak memilih Joko Wiodo - KH Maruf Amin karena alasan-alasan berkaitan dengan informasi bohong. Seperti jika Jokowiterpilih maka suara adzan dihilangkan hingga pernikahan sesama jenis kelamin.

Ditanya soal pemeriksaan terhadap ketiga orang bernama Engqay Sugiyanti, Ika Peranika dan Citra Widaningsih itu, dikaitkan dengan alat bukti yang ada sudah terdapat pengakuan, Trunoyudo menerangkan masih pendalaman.

"Kita tunggu hasil pemeriksaan. Karena kalau ngejar pengakuan, bisa mengaku atau tidak. Makanya perlu alat buktui pendukung lain," ujar Trunoyudo. (men)

Baca: Malaysia Airlines MH724 Mendarat Darurat di Bandara Sultan Thaha Jambi, Begini Kondisi Terbarunya

Baca: SUPERSEMAR: Ajudan Ungkap Kepedihan Soekarno yang Dikibuli Soeharto, Detik-detik Diusir Dari Istana

Baca: Jadwal Final Piala AFF U22 2019 Timnas Indonesia Siap Hadapi Thailand Nantikan Peran Penting Osvaldo

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Status Hukum 3 Wanita Karawang yang Buat Video Kampanye Hitam Ditentukan Hingga Tengah Malam Nanti, http://bogor.tribunnews.com/2019/02/25/status-hukum-3-wanita-karawang-yang-buat-video-kampanye-hitam-ditentukan-hingga-tengah-malam-nanti.

Editor: Yudhi Maulana Aditama

Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved