Pemburu Ikan dari Pulau Pandan, Kerinci, Berenang Hingga Berjam-jam, Pernah Terjebak di Tengah Danau

Kejadian lain yang pernah dialami adalah terjebak di tengah danau. Dirinya tidak bisa kembali ke tepi karena cuaca baru membuat pandangan hanya

Pemburu Ikan dari Pulau Pandan, Kerinci, Berenang Hingga Berjam-jam, Pernah Terjebak di Tengah Danau
tribunjambi/heru
Menggunakan kaca mata air yang dan senapan rakitan sendiri, warga menyelam mencari ikan di Danau Kerinci, yang sudah menjadi tradisi di sana 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Cuaca di Kabupaten Kerinci, Sabtu (23/2/2019) sore, tampak mendung. Bertanda hujan akan turun. Namun itu tidak menyurutkan Umar (40) pria asal Desa Pulau Pandan, Kecamatan Bukit Kerman, untuk pergi mencari ikan di Danau Kerinci.

Menggunakan sepeda motor, ia berangkat menuju Danau Kerinci. Tiba di Danau sekitar pukul 15.00 Wib, sepeda motor langsung diparkirkannya di pinggir danau.

Di lokasi itu, terdapat sebuah pondok kecil tanpa dinding, hanya beratapkan seng. Sebagai tempat untuk berteduh para nelayan. Di pondok itu juga Umar menyiapkan diri untuk terjun ke danau mencari ikan dengan cara menyelam.

Sebuah senapan kayu dikeluarkannya dari dalam tas. Bersamaan itu, ia juga mengeluarkan sebuah kaca mata renang.

Baca: Menteri Susi Angkat Jaring Bersama Nelayan di Danau Kerinci, Ini Foto-fotonya

Baca: GEGER 3 Oknum Polisi Ditangkap, Pesta Sabu dengan Wanita Cantik: Ini Kronologinya

Baca: Putuskan Jadi Mualaf dan Nikahi Pria Muslim, Lindswell Kwok Kini Berhijab Syari, Lihat Penampilannya

Senapan kayu yang terpasang karet dan panah dari besi itu, ia buat sendiri. Itulah peralatan bagi Umar untuk mencari ikan dengan cara menyelam untuk memburu ikan.

Umar pun mulai berenang dengan cara tradisional tanpa alat pernapasan. Mulai dari tepi, ia berenang ketengah hingga mencapai 300 meter dengan membawa senapan kayu.

Sesampai di tengah Ia pun mulai menyelam secara tradisional di kedalaman 10 sampai belasan meter untuk memburu ikan. Cukup lama ia terlihat menyelam ke dasar Danau, bukan lagi hitungan detik namun sudah hitungan menit.

"Untuk menyelam lamanya 3 sampai 5 menit lalu naik lagi ke atas ambil napas," kata Umar, ditemui sebelum melakukan aktivitasnya.

Mencari ikan dengan cara menyelam di Danau Kerinci
Mencari ikan dengan cara menyelam di Danau Kerinci (tribunjambi/heru)

Ia mengatakan, dalam melakukan aktivitas menyelam mencari ikan, mereka bisa berjam-jam di dalam air. Setelah 4-5 jam di air baru mereka kembali ke tepi membawa ikan-ikan yang mereka dapatkan.

Halaman
1234
Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved