Breaking News:

Tambah 2 Ribu Jaringan Gas, Ini Lokasi Penambahan Jalur Gas Rumah Tangga di Kota Jambi

"Jumlah pelanggan totalnya 4070, tapi yang sudah terpasang namun belum dialiri gas ada 310 pelanggan lagi. Kita menunggu jatah dari pemerintah pusat,"

IST
Ilustrasi. Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, menyampaikan hal itu di Direktorat Migas Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (6/2). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM JAMBI - Keberadaan jalur gas (jargas) rumah tangga memberikan efek positif bagi sebagian masyarakat. Namun sayangnya, belum semua masyarakat di Kota Jambi menikmati jargas.

Kabag Jasa, PT Jambi Indo Guna Internasional, yang merupakan BUMD Pemerintah Provinsi Jambi, Oni Pahlepi menjelaskan, saat ini baru sekitar 3690 pelanggan. Jumlah tersebut masih sangat minim mengingat angka jumlah penduduk Kota Jambi lebih dari 700 ribu jiwa.

"Jumlah pelanggan totalnya 4070, tapi yang sudah terpasang namun belum dialiri gas ada 310 pelanggan lagi. Kita menunggu jatah dari pemerintah pusat," jelasnya.

Baca: Hemat Mana Gas Elpiji dengan Jaringan Gas, Ini Pengakuan Warga yang Pakai Jaringan Gas Rumah Tangga

Baca: PDIP Tantang Sudirman Said Beberkan Bukti Pertemuan Rahasia Jokowi-Freeport

Baca: Penyelundupan Satwa Monyet Emas, Cendrawasih, Kakak Tua Berhasil Digagalkan Polres Tanjabtim

Ia mengaku, di Tahun 2019 ini, ada penambahan dua ribu sambungan jargas. Penambahan itu direncanakan diwilayah Jelutung, Handil, Kebun Kopi, dan beberapa disekitarnya.

"Kalau di daerah lain, sepertinya belum. Kita menambahnya dengan memanfaatjan jalur pipa yang sebelumnya terpasang. Pelan pelan kan nantinya akan menyebar dan merata," jelasnya.

Sama seperti sebelumnya, pemasangan jargas baru kepada pelanggan tidak akan dikenakan biaya alias gratis. "Kita masih menggratiskan, tapi kita berharap masyarakat bisa menjaga amper meternya agar tidak rusak," jelasnya.

Baca: Ditabrak Truk, Bupati Lampung Timur Langsung Buat Polling Untuk Warganet, Begini Hasilnya?

Baca: Live Streaming RCTI, PSSi TV Arema FC vs Persib Bandung, Kick Off 15.00 WIB

Baca: Ramalan Zodiak Sabtu 23 Februari 2019 - Cancer Sibuk, Libra Uang Bukan Segalanya, Leo Stres

Selama keberadaan jarga di Kota Jambi, Oni mengaku tidak menemukan kendala yang berarti. Namun kebanyakan masih ada masyarakat yang menunggak dalam pembayaran.

"Ini yang kita sesalkan, masih banyak yang nunggak. Padahal pengeluaran mereka lebih murah dari pada tabung gas. Kita berharap masyarakat tidak lagi menunggak pembayaran sampai berbulan bulan," tuturnya.

Ia mengaku jika sudah lebih tiga bulan menunggak maka amper meternya akan dicabut.

"Akan kita hentikan aliran gasnya, kalau sudah lebih dari tiga bulan," jelasnya. (*)

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: Deni Satria Budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved