Kronologi TNI AL Tangkap Kapal 'Maling' Andrey Dolgov, Bisa Muncul di 100 Lokasi Secara Bersamaan

Kapal Andrey Dolgov merupakan bagian jaringan organisasi kriminal yang mencari celah di antara undang-undang kelautan dan pejabat korup.

Kronologi TNI AL Tangkap Kapal 'Maling' Andrey Dolgov, Bisa Muncul di 100 Lokasi Secara Bersamaan
(KOMPAS.com/RAJA UMAR)
Kapal asing buronan Interpol berbendera Togo, Afrika, yang berhasil ditangkap TNI AL Lanal Sabang di perairan laut Aceh, ditunjukkan kepada wartawan, Sabtu (7/4/2018). Dalam kapal STS-50 Sea Breeze Andrey Dolgov STD No 2 itu TNI AL Lanal Sabang juga mengamankan 30 orang anak buah kapal (ABK) di antaranya 2 warga negara Australia, 8 warga Rusia dan 20 warga Indonesia. 

Kapal Andrey Dolgov merupakan bagian dari jaringan organisasi kriminal yang beroperasi mencari celah di antara undang-undang kelautan dan banyaknya pejabat penegak hukum yang korup.

TRIBUNJAMBI.COM - Kapal Andrey Dolgov telah beraksi di berbagai negara. Kapal ini telah mencuri kekayaan laut Indonesia senilai 50 juta dollar AS atau setara Rp 702 miliar.

Namun aksi pencurian kekayaan laut secara sistematis itu berhasil dihentikan TNI AL kemarin.

Kisah penangkapan kapal pencuri ikan legendaris di laut Indonesia ini sangat menarik. Karena setelah sepuluh tahun beroperasi, aksi Andrey Dolgov akhirnya berhenti di tangan TNI AL.

Tugas pasukan angkatan laut Indonesia menjaga wilayah yang sangat luas. Ini merupakan tugas berat yang dipikul, mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki belasan ribu pulau.

TNI AL memiliki lima tugas, sesuai Undang-Undang Nomor 34/2004 tentang TNI.

Disebutkan di pasal 9, Angkatan Laut bertugas:

  • Melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan;
  • Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi;
  • Melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah;
  • Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut;
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Kisah Andrey Dolgov

Di satu siang yang mendung pada April tahun lalu, Andrey Dolgov sebuah kapal ikan dengan haluan penuh karat menerjang ombak.

Air bercampur minyak terlihat menyembur dari lambung kapal itu setiap kali menghantam permukaan laut dalam upayanya menyelamatkan diri.

Halaman
1234
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved