Sekda: Diklat Kepemimpinan Tingkatkan Kompetensi ASN Memberikan Pelayanan Optimal

Sekda Provinsi Jambi Drs. H. M. Dianto, M. Si, membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XII Pemerintah Provinsi Jambi.

Sekda: Diklat Kepemimpinan Tingkatkan Kompetensi ASN Memberikan Pelayanan Optimal
IST/Humas Polda Jambi
Sekda Provinsi Jambi H.M. Dianto 

TRIBUNJAMBI.COM -  Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs. H. M. Dianto, M. Si, membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XII Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2019 yang berlangsung di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi, Selasa (19/2/19). 

Pelatihan kepemimpinan Tingkat IV menjadi bagian dari upaya peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara guna peningkatan kinerja aparatur dalam rangka memberikan pelayanan publik yang merupakan program utama pemerintah.

"Menguatnya tuntutan masyarakat terhadap ketersediaan pelayanan yang prima efisien dan terjangkau dan ASN menjadi pelaku utama pelayanan sehingga dituntut untuk mengaktualisasikan kinerja pelayanannya secara optimal," tegas Sekda.

Pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung masih menjadi keluhan masyarakat disebabkan kurang optimalnya kualitas pelayanan publik yang diberikan birokrasi.

"Masyarakat masih melihat adanya kesenjangan antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja nyata yang dihasilkan," kata Sekda.

Baca: 2.700 Siswa Kurang Mampu di Kota Jambi Dapat Kartu Jambi Cerdas, Ini Fungsinya

Baca: 11 Perguruan Tinggi di Indonesia Masuk Daftar 500 Terbaik di Dunia, Almamatermu Ada?

Baca: Banyak Jalan Tikus, Tanjab Timur Jadi Jalur Perdagangan Gelap dan Narkoba

Baca: Konsumsi Garam Dapur Berlebihan Picu Kanker Lambung, Batasi Pemakaiannya, Ini Aturannya

Baca: 45 Kilometer Jalan Lintas Bungo-Dharmasraya Rusak, Warga Mengeluh Banyak Kecelakaan

Peningkatan kompetensi aparatur Pemerintah menjadi kunci utama dalam melakukan transformasi kinerja, pelayanan instansi pemerintah kepada masyarakat melalui Diklat kepemimpinan tingkat IV.

"Peserta dituntut kinerjanya dalam merancang suatu perubahan pada unit kerjanya sehingga melahirkan output yang signifikan serta kemampuan peserta menjadi pemimpin perubahan menentukan keberhasilan peserta dalam memperoleh kompetensi yang ingin dibangun dalam pendidikan dan pelatihan ini," lanjut Sekda.

Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan menjadi ajang meningkatkan kompetensi serta melatih orientasi sikap perilaku potensi yang mencakup moral yang baik, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas organisasi serta reputasi diri dan instansi termasuk kesehatan jasmani dan rohani.

"Peserta diharapkan memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar memiliki memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dengan semangat pengabdian berorientasi pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat juga memiliki komitmen untuk bersedia menerima masukan dan kritikan yang membangun," ujar Sekda.

Kepala BPSDM Pemerintah Provinsi Jambi H.M.Iskandar Nasution,SH,M.Si, menyampaikan peningkatan kompetensi kepemimpinan visioner dengan kemampuan kolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis.

"Menjadi teladan bagi bawahan, mampu menjalin kolaborasi, dengan pemangku kepentingan, kolaborasi intern dalam tugas, berinovasi dalam bidang tugas serta membuat arah kebijakan efektif dan efisien," ungkap Kepala BPSDM.

Diklat juga menjadi sarana individu ASN mengaktifkan potensi sumber daya manusia dalam organisasi yang dibina selama 19 Feb - 6 Juli 2019 dengan jumlah peserta 30 orang dari Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved