Imlek 2019

Imlek 2019 - Klenteng Tertua di Jakarta yang Berdiri Sejak 1650 Kebanjiran Pengunjung

Pengunjung di Klenteng tertua di Jakarta tersebut diperkirakan akan mencapai 7000 pengunjung terutama dari kalangan etnis Tionghoa

TRIBUNJAMBI.COM - Hari raya imlek mendatangkan sejumlah berkah bagi tingginya destinasi kunjungan ke tempat wisata bersejarah yang ada di sejumlah lokasi. Di Jakarta Klenteng  Kim Tek Ie mengalami lonjakan pengunjung menjelang Imlek tahun ini. Pengunjung di Klenteng tertua di Jakarta tersebut diperkirakan akan mencapai 7000 pengunjung di Vihara yang terletak di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta.

Tahun lalu pengunjung Vihara mencapai sekitar 5000. Tahun ini usai vihara merenovasi beberapa bagian pengunjung diperkirakan akan bertambah lebih banyak.

"Dari sebulan yang lalu sudah mulai berdatangan. Pengunjung berasal dari macam-macam. Luar kota, mancanegara, ada India, Taiwan, Tiongkok, Inggris dan USA," tutur Zhaky Sundoro Aggie, Karyawan Vihara Kim Tek Ie kepada Kontan.co.id, Sabtu (2/2).

Kebanyakan pengunjung datang untuk bersembahyang. Namun banyak juga pengunjung yang datang untuk mengenal lebih jauh seperti apa vihara tertua ini.

Baca: 4 Cara Pegang HP Prediksi Kepribadian Kamu. Kamu Nomor Berapa ?

Vihara Kim Tek Ie merupakan vihara tertua di Jakarta selain vihara di Ancol. Vihara Kim Tek Ie dibangun pada tahun 1650.

Vihara ini dibangun oleh seorang Letnan Tionghoa bernama Kwee Hoen dan dinamakan Kwan Im Teng.

Dalam buku karangan Claudine Salmon (2003) yang berjudu

Bagian dari klenteng Lim Tek Le
Bagian dari klenteng Lim Tek Le (kompas.com)

l "Klenteng-klenteng dan Masyarakat Tionghoa di Jakarta", Vihara Kim Tek Ie diperkirakan ikut terbakar pada tahun 1740, atau saat pembantaian komunitas Tionghoa di Pecinan.

Baca: Imlek 2019 Begini Kata Pakar Feng Shui, Peluang Prabowo- Sandiaga di Pilpres 2019

Pada tahun 2015 Vihara Kim Tek Ie juga pernah terbakar akibat kelalaian saat penyalaan lilin. Hanya bagian tengah vihara saja yang masih utuh saat kebakaran terjadi.

Vihara ini dihuni oleh 27 patung dewa. Salah satu patung yang telah ada sejak dulu ialah patung Dewi Kwan Im.

Halaman
12
Editor: heri prihartono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved