Cuaca Ekstrem, Nelayan Banyak tak Melaut, Harga Ikan Laut di Pasar Kuala Tungkal Ikut Naik

Sehingga ia dan pedagang ikan laut dipasar tanggo Rajo Ilir, terpaksa banyak menjual jenis ikan sungai, seperti ikan nila, ikan patin dan ikan lele.

Cuaca Ekstrem, Nelayan Banyak tak Melaut, Harga Ikan Laut di Pasar Kuala Tungkal Ikut Naik
tribunjambi/darwin
Harga tangkapan laut, di pasar tradisional Kuala Tungkal, mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan cuaca ekstrem, yang membuat nelayan banyak tidak melaut 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Cuaca buruk yang terjadi dalam sebulan terakhir, dan ombak laut dipantai timur yang terbilang ektrem,
berdampak pada harga tangkapan laut di beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Kuala Tungkal.

Sejak tiga minggu terakhir, harga tangkapan laut mengalami kenaikan harga. Hal ini disebabkan para nelayan yang tidak melaut dikarenakan cuaca buruk dan membuat pasokan tangkapan laut dipasaran berkurang.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Tanggo Rajo, Tungkal Ilir, Rustam mengatakan, kenaikan harga tangkapan laut terpaksa dilakukan pedagang. Ini dikarenakan banyak nelayan memilih menyandarkan kapalnya yang menyebabkan tangkapan laut berkurang.

Baca: Waspada Cuaca Ekstrem BMKG Perkirakan Akan Terjadi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter

Baca: Safrial Ingin Putra Daerah Bisa Bekerja, Disnaker Inventarisir Kualifikasi Kebutuhan Perusahaan

Baca: Sadis, Bayi tak Berdosa Dibuang sehingga harus dikerumuni semut

Adapun jenis tangkapan laut yang mengalami kenaikan harga seperti ikan bawal dari harga Rp80 ribu naik menjadi Rp115 ribu perkilo.

Ikan senangin dari harga Rp70 ribu perkilo, naik menjadi Rp90 ribu, ikan grot dari Rp65 ribu, naik menjadi Rp85 ribu perkilonya.

Selain itu untuk jenis tangkapan laut yang lain juga ikut mengalami kenaikan harga, seperti udang gogo dari harga Rp80 ribu naik menjadi Rp120 ribu perkilo.

Udang gala dari Rp150 menjadi Rp180 perkilo, harga kerang juga ikut mengalami kenaikan dari harga Rp13 ribu menjadi Rp20 ribu perkilo dan kepiting dari harga Rp135 ribu saat ini naik menjadi Rp 159 ribu perkilonya.

Baca: Jadwal Liga Champions Babak 16 Besar Leg Pertama, Big Match Man United Vs PSG, Liverpool Vs Munchen

Baca: Disoraki Pegawai Harian Lepas, Jokowi Tidak Mau Dipaksa Soal Nasib Penyuluh

Baca: Heriyah, Terdakwa Penyalahgunaan Insentif Guru PAUD, Hari Ini Dengar Tuntutan dari Jaksa

Hal serupa juga diakui pedagang lainnya Zulkarnain, yang mengatakan kenaikan harga ikan laut ini mencapai 10 hingga 15 persen. Serta sulit nya didapatnya hasil tangkapan laut telah terjadi sejak sepekan terakhir.

Sehingga ia dan pedagang ikan laut dipasar tanggo Rajo Ilir, terpaksa banyak menjual jenis ikan sungai, seperti ikan nila, ikan patin dan ikan lele.

Ia bersama pedagang lainnya hanya bisa pasrah dengan keadaan harga ikan laut saat ini berharap keadaan kembali normal seperti biasanya.(*)

Penulis: Darwin
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved