Pasukan Amerika Tak Berkutik Lawan Vietnam : Faktanya 58 Ribu Tentara AS Tewas dan 1.700 Hilang

TRIBUNJAMBI.COM - Amerika adalah negara terkuat di dunia selama beberapa abad belakangan ini. Kuat di

Sejumlah personel Navy Seal di Perang Vietnam | We Are The Mighty 

TRIBUNJAMBI.COM - Amerika adalah negara terkuat di dunia selama beberapa abad belakangan ini. Kuat di bidang ekonomi, kuat di bidang militer.

Sekadar untuk menggambarkan kekuatan militernya, kita bisa melihat dua fakta: Pertama, penerimaan devisa nomor satu di Amerika adalah dari ekspor senjata, baru kemudian dari ekspor film.

Kedua, Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika Serikat adalah institusi pemegang hak cipta terbanyak di dunia.

Kebanyakan penemuannya adalah di bidang persenjataan. Artinya, persenjataan Amerika sudah terbukti paling berkembang di dunia.

Baca: Kembali Beraksi di Bungo, Dua Residivis Curas Diringkus Polisi

Dua fakta ini menunjukkan betapa kuatnya Amerika. Akan tetapi dengan segala kekuatan ini, Amerika justru pernah kalah perang dengan Vietnam.

Setidaknya dari 2,7 juta orang Amerika yang bertugas dari Vietnam tercatat 58.159 orang tewas, 1.719 hilang, dan 303.635 orang luka-luka (data wikipedia).

Memang jumlah ini lebih sedikit dari jumlah orang Vietnam yang tewas, tapi hengkangnya Amerika dari wilayah Indo Cina tersebut jelas-jelas merupakan fakta sejarah bahwa Amerika kalah dalam perang Vietnam.

Konon, kekalahan tentara Amerika dalam perang Vietnam karena tidak mampu menghadapi serangan gerilyawan Viet Cong.

Baca: Mantan Kapolri Awaloedin Djamin Tutup Usia: Besok Dimakamkan di Tanah Kusir

Gerilyawan Viet Cong sangat mengusai medan pertempuran di hutan-hutan. Mereka sangat menguasai teknik perang bergerilya, belum lagi dengan ngerinya jebakan yang dibuat oleh tentara Viet Cong.

Dilansir dari boombastis.com, ada 4 jebakan perang ala pasukan Viet Cong yang sangat terkenal. Jebakan inilah yang bikin tentara Amerika kocar-kacir, berikut ulasannya:

Halaman
1234
Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved