Dua Hari Menyisir Hutan, Polres Kerinci Temukan 2 Hektare Ladang Ganja, Ratusan Batang Siap Panen

Petugas menemukan sekitar 2 hektare ladang ganja yang berisi ribuan batang ganja di Kerinci.

Dua Hari Menyisir Hutan, Polres Kerinci Temukan 2 Hektare Ladang Ganja, Ratusan Batang Siap Panen
(KOMPAS.com/Masriadi Sambo)
Detasemen Intel, Kodam Iskandar Muda, Aceh bersama Kodim 0103 Aceh Utara menemukan 20 hektar ladang ganja di Desa Cot Rawatu, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (24/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI- Jajaran Polres Kerinci berhasil mengungkap kebun ganja di Kabupaten Kerinci. Petugas menemukan sekitar 2 hektare ladang ganja yang berisi ribuan batang ganja.

Penemuan ladang ganja tersebut setelah anggota Satres dan Intelkam Polres Kerinci dipimpin oleh Kanit Pidum, Ipda Rachmat Hidayat menyisir hutan sejak Minggu (20/1) hingga Senin (21/1).

Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto melalui Kanit Pidum Ipda Rachmat Hidayat mengungkapkan pihaknya baru sampai ke Sungaipenuh sekitar pukul 21.00 WIB, sejak mulai turun pukul 7.00 WIB, Senin (21/1) pagi.

"Lokasinya jauh di dalam hutan, memakan waktu tempuh sekitar 15 jam. Kita mulai star jam 02.00 WIB dini hari Minggu. Star mulai di air terjun Pendung Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kerinci," ungkap Kanit.

Dikatakannya, selama perjalanan anggota melewati medan yang berat terdiri dari jurang dan hutan belantara.

"Di lokasi kita temukan 1 hektar tanaman ganja berukuran kecil, dan 3 titik bibit tanaman ganja yang disemai jumlahnya ratusan batang," terangnya.

Baca: Kota Jambi Kekurangan 1.000 TPS, Warga Kesulitan Buang Sampah

Baca: Nasib Sutan Adil Hendra Telah Diputuskan, Ini Keputusan Bawaslu

Baca: Dugaan Korupsi Taman Hijau Bungo, Faruk Ngaku Tak Tahu Perusahaannya Dipinjam, Hanya Tahu Uang Masuk

Baca: Dengar Suara Aneh di Kamar Anaknya, NS Kaget Melihat Anaknya, Pintu Langsung Didobrak

Baca: VIDEO: Gunung Kerinci Keluarkan Asap Tebal, 6 Pendaki Diminta Segera Turun

Selain itu lanjut dia, juga ditemukan tanaman ganja yang berukuran tinggi dan siap panen, jumlahnya juga ratusan batang. Batang ganja yang tinggi terdapat 10 titik, dimana 1 titik terdapat sekitar 50 batang ganja siap panen dengan tinggi sekitar 1,5 meter.

"Semua batang ganja yang ditemukan kita langsung cabut dan dibakar, dan sebagian sampel kita bawa turun untuk barang bukti," ungkapnya.

Ditanya apakah ada ditemukan pelaku yang menanam ganja di lokasi ? Menurut dia, saat pihaknya sampai di lokasi tidak ditemukan pemiliknya.

"Pemiliknya tidak ada di tempat, dan sebagian batang ganja juga banyak yang sudah dipanen, untuk identitas pemiliknya masih kita selidiki," ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, ada kemungkinan pemilik ladang ganja sudah mengetahui jika polisi akan menuju lokasi ladang ganja. Sehingga saat sampai di lokasi, banyak ditemukan batang ganja yang sudah tidak ada daun lagi, atau sudah dipanen.

Sementara itu, Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto, memberi apresiasi kepada anggotanya yang telah berhasil mengungkap ladang ganja tersebut. Dan pihaknya akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut atas temuan tersebut.

"Ini pengungkapan kesekian kalinya, terakhir pada tahun 2011 dulu Polres Kerinci juga pernah mengungkapkan ladang ganja di Kerinci. Untuk data lebih lengkapnya akan kita sampaikan besok," singkat Kapolres.

Baca: Dubes RI Bersama Konjen RI dan Ketua GAPKI Perkuat Kerjasama Sawit Indonesia-Pakistan

Baca: Maruf Amin: Saya Bilang Ente Baru Bangun Ngelindur, Makanya Tak Tahu Apa-apa

Baca: Link Live Streaming Ahok dari Bebas Penjara, Bisa Disaksikan di Chanel YouTube Panggil Saya BTP

Baca: Anggota TNI ini Ceritakan Momen Mengerikan Evakuasi Buaya Pemangsa Deasy Tuwo, Satu Gigi Copot

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved