Hibahkan 21.720 Buku Bacaan di Provinsi Jambi, Tanoto Serahkan di 3 Kabupaten

"Buku tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dalam proses pembelajaran di kelas,” ungkap Syafrial di SD 44/VIII

Hibahkan 21.720 Buku Bacaan di Provinsi Jambi, Tanoto Serahkan di 3 Kabupaten
tribunjambi/fitri
Menumbuhkembangkan anak membaca, Tanoto Foundation melalui Program PINTAR menghibahkan 21.720 buku bacaan di Provinsi Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM. JAMBI - Meningkatkan minat baca anak-anak sekolah, Tanoto Foundation melalui Program PINTAR (Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran) dan STEP (School Transition and Empowerment Project), menghibahkan sekitar 21.720 buku kepada 9 SD program STEP di Maro Sebo Ilir, Batanghari, serta 18 SD dan MI untuk program PINTAR di Kecamatan Muara Bulian dan Pemayung Kabupaten Batang Hari.

Selain di Batang Hari, Tanoto Foundation juga memberikan buku bacaan berjenjang kepada 22 SD program STEP dan 18 SD/MI program PINTAR di Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta 8 SD di Kabupaten Tebo.

Baca: Pasca Edy Rahmayadi Mundur Dari PSSI, Para Pemilik Suara Tak Ingin Percayakan ke Orang-orang Lama

Baca: Kebakaran di Hiang Tinggi, Kerinci, 1 Rumah Ludes Dilalap Api, 1 Rumah Rusak Berat

Pemberian buku kepada seorang anak yang merupakan buku hibah dari Tanoto Foundation
Pemberian buku kepada seorang anak yang merupakan buku hibah dari Tanoto Foundation (tribunjambi/fitri)

”Buku bacaan yang dihibahkan tersebut merupakan buku bacaan berjenjang yang disesuaikan dengan keterampilan membaca siswa, terutama untuk siswa kelas awal,” sebut Adi Sinaga, Koordinator Kabupaten Program STEP Tanoto Foundation Provinsi Jambi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Antilla Julie dari Northern Michigan University tahun 2013, dari hasil penelitian itu kata Adi Sinaga, adalah keterampilan literasi semenjak kecil sangat menentukan kesuksesan siswa, baik di sekolah maupun dalam kehidupannya di masa depan.

“Memastikan praktik literasi sukses dilakukan semenjak dini, tidak hanya akan memastikan anak-anak bisa menangkap mata pelajaran di sekolah dengan baik, tetapi juga akan menjadi bekal keberhasilan menjalani masa sekolah berikutnya dan masa depannya,” ujarnya, di sela pembagian buku di Batang Hari, Kamis, (17/1).

Baca: Gol Semata Wayang Ridho Kurniawan, Bawa Merangin Juara Gubernur Cup 2019

Baca: Alasan Edy Rahmayadi Mundur Dari Ketua Umum PSSI, Tak Ingin Berkhianat!

Baca: Dulu Dicampakkan, Kini Buah Ceplukan Diburu, Harganya Selangit: Ini Khasiatnya

Tidak hanya di Batanghari, pihaknya juga memberikan buku bacaan berjenjang kepada 22 SD program STEP dan 18 SD/MI program PINTAR di Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta 8 SD di Kabupaten Tebo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Jamilah menyambut baik bantuan buku bacaan di wilayahnya.

Baca: Vanesha Prescilia dan Iqbal Ramadhan Terjerat Cinlok? Begini Reaksi Pemeran Milea di Dilan 1991

Baca: Jadi Trending, Ini Dia Cuplikan Trailer Dilan 1991 yang Bisa Bikin Baper, Milea Sempat Putus Asa

”Pemerintah Kabupaten Batanghari mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation atas pembagian buku ini, semoga dengan adanya buku bacaan ini, minat membaca anak di Batang Hari semakin meningkat,” ujarnya.

Jamilah menambahkan, salah satu penggerak kegiatan belajar mengajar adalah buku.

"Sebab buku merupakan jendela ilmu karena melalui buku dapat diketahui berbagai hal,” tambahnya.

Senada dengan Jamilah, Kabid GTK Dinas Pendidikan Kab. Tebo, Syafrial, menyampaikan terima kasih atas bantuan buku yang diberikan Tanoto Foundation dan mendorong sekolah-sekolah yang menerima buku agar memanfaatkannya.

”Buku tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dalam proses pembelajaran di kelas,” ungkap Syafrial di SD 44/VIII Teluk Singkawang.

Baca: BPJS Kesehatan Tak Lagi 100 Persen Gratis, Ini Rincian Biaya yang Harus Ditanggung Peserta

Baca: King Kobra 6 Meter Teror Warga, Tegak di Depan Pintu Rumah yang Terjadi Kemudian Malah Sepert ini

Baca: Piala AFF U-22 2019, Pelatih Timnas Indonesia Coret 5 Pemain, Begini Alasannya

Medi Yusva, Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Jambi berharap buku bacaan berjenjang yang telah dihibahkan tersebut mampu membuat anak-anak rajin membaca sesuai dengan tingkatannya.

”Harapannya anak-anak tambah rajin membaca setelah adanya beragam buku menarik dari Tanoto Foundation ini,” pungkas Medi. (*)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved