Wisata Religi, Pemkot Gelar Haul Pangeran Wirokusumo

Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo selain sebagai ulama, ia juga adalah kerabat dari Kesultanan Jambi.

Wisata Religi, Pemkot Gelar Haul Pangeran Wirokusumo
IST
Haul Pangeran Wirokusumo akan digelar 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi, menggelar peringatan Haul Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri yang bergelar Pangeran Wiro Kusumo tahun ini ke 117.

Kegiatan ritual yang juga berupa wisata religi itu sudah menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Jambi, sejak beberapa tahun terakhir.

Acara peringatan haul yang akan berlangsung pada Sabtu (19/1/2019) tersebut, digelar dengan melibatkan keluarga almarhum (shahibul haul) almarhum Habib Idrus bin Hasan Al-jufri, Rabithah Alawiyah Jambi, serta masyarakat dan pengurus masjid Ihsaniyah tempat puncak peringatan haul.

Baca: Ribuan Orang Hadir Haul Sulthan Aulia Syekh Abdul Qodir Jailani & KH M Ali Bin Syekh Abdul Wahab

Baca: Jokowi Wae, Jokowi Wae, Dibalas Prabowo Siapa yang Punya

Baca: Mengejutkan, Ahok Tulis Surat Ucap Syukur kepada Allah karena Kalah di Pilkada DKI

Kepala Bagian Humas Setda Kota Jambi, Abu Bakar, mengatakan Al-Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri bergelar Pangeran Wiro Kusumo selain sebagai ulama, ia juga adalah kerabat dari Kesultanan Jambi.

“Jadi, sudah sepantasnyalah kita memuliakan orang-orang mulia yang telah berjasa dalam dakwah Islam dan sejarah perjuangan Jambi,” ujar Abu Bakar, Kamis (17/1/2019).

Peringatan haul tersebut kata Abu Bakar, akan dihadiri Walikota Jambi Syarif Fasha, bersama ribuan jamaah yang berasal dari berbagai daerah baik dalam maupun luar Provinsi Jambi. Kegiatan tersebut diawali dengan ziarah makam, pembacaan zikir dan maulid, serta puncaknya ceramah agama oleh Alhabib Tohir Bin Muhammad Bin Abdullah Alhadar dari Tarim Hadramaut Yaman.

Selain itu akan ada tausiyah yang disampaikan Alhabib Abdusalam Bin Alwi Alhinduan dari Jakarta serta Alhabib Ali Zainal Abidin Bin Abdullah Alkaff Jakarta.

“Acara akan di mulai pagi hari dengan ziarah maqam Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan zikir dan maulid serta ceramah agama ” kata Abu Bakar yang juga sebagai Sekretaris DPW Rabithah Alawiyah Provinsi Jambi.

“Mari kita ramaikan acara ini untuk mendapatkan keberkahan Allah berkat kemuliaan shohibul haul Habib Idrus bin Hasan Al-Jufri,” tandasnya.

Baca: Tahu Akan Makin Kasar & Menyakiti Perasaan Orang Lain, Ahok Bersyukur Karena Ditahan di Mako Brimob

Baca: Setuju Jika Nama Kartu Kendali Diubah, Maulana: Yang Penting Penyaluran Gas 3 Kg Tepat Sasaran

Baca: Film Keluarga Cemara Tembus 1 Juta Penonton! Ini 4 Faktanya, Kru & Pemainnya Dapat Kejutan Manis

Pada Minggu (20/1/2019) akan diadakan haul Habib Husein Bin Ahmad Baraqbah atau yang lebih dikenal dengan Keramat Tambak. Kegiatan haul dimulai dari pemakaman Keramat Tambang Kelurahan Arab Melayu dan dilanjutkan kegiatan di Masjid Ba’alawy.

Kegiatan haul ini sebut Abu Bakar merupakan pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi.

Sementara itu, Habib Helmi Bin Ahmad Baraqbah, Ketua Panitia acara bahwa acara tersebut diprediksi akan dihadiri oleh masyarakat dari berbagai daerah. Bahkan jumlahnya diperkirakan 5000an massa.

Baca: Jusuf Kalla Menilai Petahana Diuntungkan Dalam Debat Perdana Malam Ini

Baca: Polisi Letuskan Tembakan ke Udara, Unjuk Rasa PSHT di PT SKU Tebo, Memanas

Baca: Capres Prabowo Sebut Indonesia hanya Mampu Berperang 3 Hari, Ini Respon Menhan Ryamizard Ryacudu

“Tahun sebelumnya ada 4000 orang sekarang kita prediksi sampai 5000an massa. Bahkan ada beberapa dari Kalimantan, Jawa, Malaysia,Singapura bahkan Thailand yang sudah konfimasi kehadiran mereka disini. Karena memang keturunan beliau sudah merantau keberbagai wilayah,” jelasnya saat ditemui di kantor Walikota Jambi, Kamis (17/1).

Dikatakannya bahwa acara sendiri akan dimulai pada subuh hingga siang hari. Dimulai dari salat subuh berjamaah, diisi dengan doa bersama, sarapan bersama hingga dilanjutkan dengan ziarah kubur.
“Barulah dilanjutkan dengan acara puncaknya di Masjid,” katanya. (*)

Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved