PSI – Perindo Berpeluang Besar Lolos ke Senayan

Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan, pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 semakin mendekat.

PSI – Perindo Berpeluang Besar Lolos ke Senayan
TRIBUNNEWS.COM/LENDI RAMADHAN
Ketua Dewan Pimpinan Pusan Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI), Isyana Bagoes Oka, Ketua Umum PSI, Grace Natalie dan beberapa anggota PSI, lakukan aksi damai dengan mendorong kereta bayi di Bundaran Patung Kuda, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/2015). 

TRIBUNJAMBI.COM - Hasil sigi yang dilakukan lembaga Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan lima partai yang diprediksi aman dari ambang batas parlemen. Sedangkan lima lainnya terancam tidak akan lolos.

Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan, pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 semakin mendekat.

Temuan lembaga survei indEX Research menunjukkan bahwa lima besar parpol dipastikan lolos masuk ke Senayan.

“PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, dan Demokrat berada pada posisi aman melewati ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen,” ujar Vivin melalui siaran persnya Sabtu (12/1).

Dari hasil survei indEX, kelima parpol meraih elektabilitas di atas ambang batas tersebut. PDIP menempati posisi puncak dengan raihan 25,7 persen, disusul Gerindra pada posisi kedua sebesar 14,7 persen.

“Gerindra berhasil menggeser Golkar ke posisi ketiga dengan raihan 9,8 persen,” lanjut Vivin. Posisi keempat ditempati oleh PKB (7,5 persen) dan kelima Demokrat (4,6 persen).

“Enam parpol lainnya masih berpeluang untuk dapat menembus ambang batas, dengan memperhitungkan margin of error survei,” jelas Vivin.

Keenam parpol tersebut adalah Nasdem (3.5 persen), PPP (3,3 persen), PKS (3,2 persen), PAN (2,6 persen), PSI (2,3 persen), dan Perindo (2,2 persen).

Sedangkan lima parpol terbawah hampir dapat dipastikan gagal mengirim wakil ke Senayan.

“Meskipun sudah ditambah margin of error, elektabilitas kelima parpol masih belum dapat mencapai 4 persen,” pungkas Vivin.

Kelima parpol itu adalah Hanura (1,0 persen), PBB (0,9 persen), Berkarya (0,8 persen), PKPI (0,4 persen), dan Garuda (0,1 persen).

Masih ada sebanyak 17,4 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. Angka tersebut turun dibandingkan survei sebelumnya pada periode November 2018 sebesar 20,6 persen.

Survei indEX Research dilakukan pada 15-24 Desember 2018, dengan jumlah responden 1200 orang. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (tribunnews)

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved