Tunggakan Pelanggan Rp 17 Miliar, PLN Jambi Putus Sambungan, Terbanyak Rumah Tangga

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selama 2018 lalu, di wilayah Provinsi jambi lima daerah di provinsi Jambi yang

Tunggakan Pelanggan Rp 17 Miliar, PLN Jambi Putus Sambungan, Terbanyak Rumah Tangga
TRIBUNJAMBI/MAREZA SUTAN
Kantor PLN Area Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selama 2018 lalu, di wilayah Provinsi jambi lima daerah di provinsi Jambi yang pelanggannya paling banyak menunggak pembayaran rekening listrik.

Kelimanya yaitu wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jambi seperti Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Muaro Jambi, dan Kota Jambi.

General Manager PLN Jambi, Haris Andika mengatakan tunggakan berasal dari 8 ribu pelanggan PLN Distribusi yang mayoritas merupakan pelanggan umum atau rumah tangga, Selasa (1/1).

"Dibandingkan November lalu sekitar Rp 12 miliar tunggakan, dan masih cukup tinggi dalam Desember di kisaran Rp 17 miliar," jelasnya, Senin (31/12).

Haris menyebutkan, tunggakan tersebut hampir 70-80 persen didominasi pelanggan umum. "Di instansi juga ada, tetapi dominan memang di pelanggan umum yang alami tunggakan tertinggi," tuturnya.

Dirinya menjelaskan, jika dibandingkan 2017 lalu jumlah tunggakan tersebut alami kenaikan. "Sebab akhir 2017 itu tunggakan hanya Rp 8,5 miliar, makanya sekarang kita giatkan pemutusan dan bongkar," sebut Haris.

Bagi masyarakat yang Gardu PLN nya telah diputus, dan ingin menyambung lagi maka akan dikenakan biaya pasang ulang kembali.

Oleh karenanya, Haris berharap tunggakan tersebut dapat selesai di akhir 2018 ini sehingga tidak memengaruhi operasional PLN di 2019.

Sebelumnya, Direktur Bisnis Regional Sumatra Wiluyo Kusdwiharto menyebutkan bahwa kondisi kelistrikan Sumatera terus mengalami kemajuan yang signifikan.

Beban pelanggan 3.468 MW, daya mampu pembangkit 4.765 MW, jumlah gardu induk 112 unit, kapasitas Trafo daya 12.360 MVA, dan panjang transmisi 8.753 Kms. (dly)

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved