Libur Tahun Baru, Candi Muaro Jambi Jadi Tujuan Wisata Sejarah

Candi Muaro Jambi yang terletak di Desa Muarojambi, menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di hari libur seperti saat ini.

Libur Tahun Baru, Candi Muaro Jambi Jadi Tujuan Wisata Sejarah
Tribunjambi/Samsul
Saryono bersama keluarganya datang dari Lampung ke Candi Muara Jambi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Candi Muara Jambi yang terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di hari libur seperti saat ini.

Situs purbakala yang kini tengah diupayakan menjadi warisan dunia itu bukan hanya jadi tujuan masyarakat lokal tapi juga jadi wisata favorit masyarakat dari luar Provinsi Jambi.

Selasa (1/1) awal tahun 2019, terpantau kawasan Candi Muaro Jambi dipadati para pengunjung. Meski Candi Muaro Jambi sudah cukup banyak dikenal masyarakat, tapi tidak semua orang pernah berkunjung ke sana.

Hal inilah yang membuat penasaran beberapa masyarakat luar daerah dengan Candi Muaro Jambi. Seperti yang diungkapkan salah seorang pengunjung asal Provinsi Lampung, Saryono (45), Ia mengaku baru pertama kali datang ke kawasan Candi Muaro Jambi.

"Saya datang bersama anak dan istri untuk mengisi libur akhir tahu, sengaja memilih liburan di Jambi. Banyaklah sudah tempat-tempat wisata yang sudah di datangi selama di Jambi, tapi emang penasaran untuk melihat situs purba kala Candi Muaro Jambi ini" ungkapnya.

Saryono mengaku takjub ketika melihat Candi Muara Jambi. Pasalnya Ia baru pertama kali melihat situs Candi Muaro Jambi, dan melihat antusias masyarakat untuk mengunjungi wisata sejarah dan budaya di Muarojambi.

"Emang tau ada Candi di Jambi, terus ke sini karena ada keluarga jadi minta diajak ke sini, buat hilangin penasaran gimana Candi Muaro Jambi," katanya.

Selain menyajikan pemandangan peninggalan sejarah berupa candi dan arca peninggalan kerajaan kuno ini. Hiburan-hiburan lainnya juga menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat mengunjungi Candi Muaro Jambi ini. Apalagi di musim libur saat ini, pengunjung juga dapat menikmati hiburan live musik gratis bagi para pengunjung.

Selain itu, tiket murah menjadi pertimbangan tersendiri untuk menjadikan Candi Muaro Jambi sebagai destinasi wisata saat liburan. Hanya dengan Rp 10 ribu pengujung sudah bisa masuk dan melihat kawasan percandian ini.

Baca: Kesal Ponpes Larang Santri Jajan Es Doger, Parwono Nekat Mengaku Titisan Nabi SAW

Baca: Sakit Hati Dilarang Jual Es Doger, Parwono Nekat Ngaku Titisan Nabi Muhammad, Ini Terjadi Kemudian

Baca: Bantu Ekonomi Pedagang, Pemkab Kerinci Bangun 12 Pasar Tradisional

Baca: Pria Mabuk di Malam Tahun Baru Tembak Mati Keluarganya, 6 Tewas Termasuk Istri dan Dua Anak

Seperti yang diungkapkan indah (40) pengunjung dari Lampung, menurutnya wisata Candi Muaro Jambi ini sangat menarik dan murah meriah. Apalagi Ia datang bersama anak-anaknya, menjadi keceriaan tersendiri ketika mereka pulang ke Lampung dan masuk sekolah kembali.

"Tiket masuknya cuma 10 ribu per orang, tempatnya juga enak, asyik, apalagi kita juga bisa melihat dan mengetahui situs peninggalan sejarah di dalam museumnya. Paling penting itu, anak-anak pas masuk sekolah pasti dia punya cerita baru dia liburan ke Situs Candi di Muaro Jambi yang terkenal ini," tuturnya.

Ribuan lampion diterbangkan saat penutupan puncak peringatan Waisak 2562 BE/2018 di kompleks Percandian Muaro Jambi, Selasa (29/5).
Ribuan lampion diterbangkan saat penutupan puncak peringatan Waisak 2562 BE/2018 di kompleks Percandian Muaro Jambi, Selasa (29/5). (Tribun Jambi/Aldino)
Penulis: syamsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved