Pencetakan Plat Kendaraan, Samsat Batanghari Masih Tunggu Pihak Satlantas

UPTD Samsat Batanghari wacanakan untuk lakukan cetak plat di tahun 2019. Selama ini warga Batanghari harus cetak plat kendaraan di Jambi.

Pencetakan Plat Kendaraan, Samsat Batanghari Masih Tunggu Pihak Satlantas
tribunjambi/abdullah usman
Gedung cetak plat kendaraan di Kabupaten Batanghari. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Unit pelayanan teknis daerah (UPTD) Samsat Batanghari wacanakan untuk lakukan cetak plat di tahun 2019. Hal tersebut akan segera terwujud menunggu keputusan dari pihak Satlantas Batanghari.

Selain melakukan penarikan wajib pajak kendaraan, UPTD Samsat Batanghari tahun depan mewacanakan untuk melakukan cetak plat kendaraan sendiri, bekerjasama dengan pihak Satlantas Polres Batanghari.

"Kalo kita UPTD untuk fasilitas dan sarana pendukung sudah siap, tinggal saja menunggu dari pihak kepolisian Satlantas Batanghari untuk pelaksanannya," ujar Kepala UPTD Samsat Batanghari Rike Zahari kepada Tribunjambi.com.

Dikatakannya pula, untuk saat ini cetak plat atau uji kir sendiri pihaknya bekerjasama dengan Samsat Provinsi Jambi. Meski UPTD sudah memiliki bangunan khusus untuk pelayanan cetak plat namun hingga saat ini belum dioperasikan.

Dikatakan Zahari, seandainya cetak plat tersebut bisa dilakukan di UPTD kabupaten, kemungkinan hal tersebut dapat memudahkan mayarakat dan menarik masyarakat untuk membayar pajak.

"Pasalnya selama ini masyarakat harus ke Jambi untuk ganti plat, jika mereka bisa ganti di sini tentu hal tersebut akan berpengaruh dengan animo masyarakat tadi," jelas zahari.

Dikatakannya pula, dulu UPTD sempat aktif namun sifatnya sementara karena hanya sebagai pembantu cetak plat provinsi atau pusat. Namun itung-itungannya rugi karena Batanghari tidak ada yang melakukan itu akhirnya stop operasinya.

Baca: VIDEO: Mengejutkan!, Erupsi Gunung Anak Krakatau Tiba-tiba Berhenti, Begini Penjelasan PVMBG

Baca: VIDEO: Edi Purwanto Beberkan Keputusan Chumaidi Zaidi Pasca Jadi Tersangka Dana Ketok Palu

Baca: Kepanikan Saat Api Menghanguskan Gedung di Kampus ITB

Baca: Sekda Muarojambi Kaget Pejabat BKD Kena OTT

Baca: Gempa di Bengkulu Bikin Pengunjung Mal Berhamburan Keluar, Ini Hasil BMKG

Sementara itu Kasat Lantas Polres Batanghari Akp Nefrizal saat dikonfirmasi Tribunjambi.com mengatakan, terkait wacana cetak plat tersebut pihaknya masih akan melakukan koordinasi bersama pihak terkait terutama dengan pihak samsat.

Meski sarana dan prasarana pendukung sudah ada, tentu akan ada perencanaan dan persiapan matang sebelum dioperasikan. Sehingga nantinya tidak ada kendala atau permasalahan setelah beroperasi.

"Kita masih akan koordinasi dululah, belum tahu juga kapan itu bisa dipastikan. Nanti kita akan kabari lagi," pungkasnya. 

Sementara itu Heri (30) warga yang tinggal di Kecamatan Mersam, mengaku kondisi di Batanghari yang belum bisa cetak plat kendaraan membuat repot masyarakat. Sebab untuk mengurus plat dan kir kendaraan mereka harus ke Jambi dan butuh waktu lama.

Mengingat dirinya juga bekerja setiap hari, dan jarak tempuh ke Jambi yang cukup jauh. Ditambah saat tiba di Samsat Jambi harus antre.

"Kalo memang UPTD Samsat bisa cetak sendiri itu lebih baik, dan menimalisir terjadinya plat mati. Karena kebanyakan masyarakat itu enggan mengurus karena jauh," sebutnya.

Baca: Tiga Bulan Lagi, Ditlantas Polda Jambi Akan Lelang Ratusan Kendaraan Hasil Tilang

Baca: Rahmat Derita Tersangdung Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye, Begini Komentar Ketua PPP Jambi

Baca: Rayakan Tahun Baru, Karaoke Celebrity Tawarkan Promo Menarik

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved