Berakhir Petang Menunggu Senja, di Tepi Danau Sipin, Bersama Lelaki 'Tangkul'

Di beberapa daerah di Provinsi Jambi, khususnya yang dialiri Sungai Batanghari, masyarakat biasa menggunakan benda itu untuk menangkap ikan.

Berakhir Petang Menunggu Senja, di Tepi Danau Sipin, Bersama Lelaki 'Tangkul'
tribunjambi/mahreza
Seorang pria menarik tanggul di Danau Sipin, Buluran, Minggu (23/12/2018) petang 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di tepi Danau Sipin, di daerah Buluran, Kota Jambi, Minggu (23/12/2018) sore, tampak sejumlah warga yang ramai dengan kesibukan masing-masing.

Di tepi danau, seorang pria paruh baya sedang berdiri di atas balok-balok yang disusun seperti rakit. Jerigen biru di pinggir-pinggirnya, jadi pelampung agar tidak tenggelam.

Balok-balok berdiameter sekitar 30 cm bersusun itu diikat di sebuah kayu pancang yang ditancapkan di bibir danau, menjadi jerambah tempat dia duduk sambil menunggu.

Dari kejauhan, dia mengangkat kayu seukuran betis orang dewasa. Diameternya sekitar 15 cm dengan panjang sekitar 5 meter. Di ujungnya, jaring membentang, diikat pada empat sisi kayu yang seolah-olah mekar dari kayu itu.

Baca: Jangan Kaget dengar Alasannya, Najwa Shijab Pilih Fahri Hamzah daripada Fadli Zon, Artis Ini Saksi

Baca: Bayi Selamat dari Tsunami Banten Tak Berhenti Menangis, Diduga Orangtuanya Ikut Menjadi Korban

Baca: Kesaksian Willy Siska Terseret Tsunami, 3 Jam Berenang, Lakukan Ini Saat Lihat 2 Anak Kecil Terapung

Jaring itu ditenggelamkan ke danau. Beberapa menit kemudian, lelaki paruh baya itu kembali mengangkat jaring yang ditenggelamkan itu, mengikat tali itu pada baloknya, agar jaring tidak kembali tenggelam, lalu tampak ikan-ikan yang melompat-lompat di jaring.

Bergegas, diambilnya ember hitam yang diletakkannya tak jauh dari jaring, diseroknya ikan-ikan yang telah dia dekatkan ke tangannya. Kemudian, ikan-ikan itu dia masukkan dalam sebuah wadah seperti kerambah kecil berukuran 100x50 cm.

Orang-orang sekitar menyebutnya tangkul. Di beberapa daerah di Provinsi Jambi, khususnya yang dialiri Sungai Batanghari, masyarakat biasa menggunakan benda itu untuk menangkap ikan. Ukurannya bervariasi, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Seorang pria mengangkat tanggul yang dipasangnya di Danau Sipin
Seorang pria mengangkat tanggul yang dipasangnya di Danau Sipin (tribunjambi/mahreza)

Lelaki paruh baya itu bernama Madi. Sehari-hari, dia menghabiskan waktu di tepi danau itu pada pagi dan sore hari.

"Kalau saya biasanya mulai dari jam 06.00 WIB pagi, sampai jam 08.00 WIB," kata dia ketika disambangi Tribunjambi.com, Minggu (23/12/2018).

Halaman
123
Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved