Breaking News:

Singgung Kehadiran Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan ke Jambi, Ini Penjelasan Bawaslu

Hal ini tentu menjadi perhatian karena kapasitas Jokowi hadir bukan hanya sebagai presiden tapi juga sebagai calon presiden.

Penulis: andika | Editor: Deni Satria Budi
tribunjambi/andika
Bawaslu Provinsi Jambi, menyebut kehadiran Jokowi di Jambi, yang merangkap sebagai presiden dan Capres tidak melanggar aturan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Andika Arnoldy

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kehadiran Jokowi ke Jambi menggunakan fasilitas negara, yakni pesawat kepresidenan. Hal ini tentu menjadi perhatian karena kapasitas Jokowi hadir bukan hanya sebagai presiden tapi juga sebagai calon presiden.

Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi mengatakan, terkait dengan cuti dan fasilitas yang melekat pada Presiden RI seperti pesawat kepresidenan, Bawaslu menyampaikan terkait ketentuan dalam terkait tentang penggunaan fasilitas negara yang melekat pada residen RI, dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 pasal 65 ayat ) Penggunaan fasilitas negara yang melekat pada jabatan Presiden dan Wakil Presiden menyangkut pengamanan kesehatan, dan protokoler lakukan sesuai dengan kondisi lapangan secara profesional dan proporsional.

Baca: Jelang Natal, Lapas Klas IIB Muara Bulian, Usulkan 4 Napi Dapat Remisi

Baca: Menit Ke-9 Bilang Yang, Tips Bagi Jomblo dari Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi

Baca: Cewek Bule Ini Minta Naik Gaji kalau Disuruh Translate Bahasa Inggris Fadli Zon, Prabowo dan Jokowi

"Berdasarkan ketentuan undang-undang, Presiden yang jadi calon presiden berhak mendapatkan fasilitas protokoler, fasilitas kesehatan, dan keamanan sebagaimana mestinya," jelasnya.

Tak hanya itu, terkait fasilitas juga diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 85 tahun 18 tentang pengamanan dan pengawalan calon presiden dan calon wakil presiden dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Undang undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.(*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved