Breaking News:

2.780 Pasangan Nikah di Bungo Belum Dapat Kartu Nikah, Pemkab Bungo Masih Tunggu

Ada 2.780 pasangan di Bungo yang menikah periode Januari hingga November 2018.

Penulis: Jaka Hendra Baittri | Editor: Teguh Suprayitno
grafis wawan k
Kartu nikah 

Laporan wartawan Tribun Jambi Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO - Ada 2.780 pasangan di Bungo yang menikah periode Januari hingga November 2018. Namun belum dapat kartu nikah, masih berbentuk buku.

Kebijakan kartu nikah belum untuk tingkat kabupaten seperti Bungo. Pemerintah Kabupaten Bungo masih tunggu mesin cetaknya.

"Masih nunggu pengadaan mesin cetak oleh pusat. Setelah itu baru kemudian tenaganya kita latih. Untuk buku nikah yang biasa tetap keluar seperti biasa," kata Harlek selaku kepala seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementrian Agama Wilayah Bungo.

Baca: Pemkab Bungo Masih Tunggu Mesin Cetak Kartu Nikah

Harlek menyebutkan pada tahun ini Provinsi Jambi baru Kota Jambi yang mendapatkan, dan itu hanya mencakup kurang lebih delapan Kecamatan. Harlek belum bisa memastikan apakah Kemenag Kabupaten Bungo bisa mendapatkan atau tidak pada 2019.

"Kita sudah mengajukan, mudah-mudahan kalau ada kebijakan baru, kita bisa dapat mesin pencetaknya," ugkap Harlek.

Untuk kartu nikah, sebut Harlek, kita menggunakan aplikasi SIMKAHWEB dan aplikasi tersebut baru bersifat pendataan. Jika kartu nikah baru diterapkan, maka pengantin baru bisa mendapatkan buku nikah dan kartu nikah untuk masing-masing pasangan.

"Dengan adanya kartu nikah ini, keinginan pemerintah hanya sederhana, yaitu agar kartu bisa dibawa kemana-mana dibandingkan dengan buku nikah," imbuhnya.

Baca: Ribuan Terjual Setiap Bulan, Ini Merek Smartphone Paling Dicari di Bungo

Proses untuk persyaratan kartu nikah inipun tidak sulit. "Tidak ada yang rumit, karena sifat pelayanan maka diberikan kemudahan. Untuk pendaftarannya jangan kurang dari sepuluh hari kerja. Kemudian, Simkahweb semua pendataan sudah terintegrasi dengan dukcapil," jelasnya.

Beberapa waktu lalu Kementrian Agama Republik Indonesia menerbitkan kartu nikah baru yang berbentuk kartu dan mudah dibawa.

Namun realisasi kepada daerah yang ada diseluruh Indonesia masih bertahap. Seperti halnya di Provinsi Jambi, baru Kota Jambi yang akan mulai menggunakan kartu nikah baru.

Sebanyak 2.780 pasangan menikah di Bungo 2018 ini. Angka tertinggi pasangan yang menikah pada September 371 pasangan, Agustus 340 pasangan dan Maret 334 pasangan.

Baca: SBY Geleng-geleng Kepala, Pegangi Spanduk Bergambar Dirinya yang Dirusak

Baca: Saat Game Online Jadi Bagian Gaya Hidup, Ada yang Rela Begadang 18 Jam

Baca: Jins Biru, Kemeja Putih dan Sneakers, Penampilan Presiden Jokowi Turun dari Pesawat Sita Perhatian

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved