Di Jambi, Ada 1.562 Wilayah Administrasi Pemerintahan Setingkat Desa

"Sebagian jumlah desa Mandiri bertambah sebesar 72 Desa bila dibandingkan tahun 2014, Sementara desa tertinggal berkurang sebesar 123 desa," ujarnya.

Di Jambi, Ada 1.562 Wilayah Administrasi Pemerintahan Setingkat Desa
tribunjambi/fitri
BPS Provinsi Jambi, merilis bahwa ada 1.562 wilayah administrasi pemerintahan setingkat desa 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hasil pendataan potensi desa (Pondes) yang dilaksanakan tiga kali dalam 10 tahun, tercatat tahun 2018 terdapat 1.562 wilayah administrasi pemerintahan setingkat desa yang terdiri dari 1.399 desa dan 163 Kelurahan di Provinsi Jambi. Pondes juga mencatat sebanyak 141 Kecamatan dan 11 kabupaten/kota.

"Pondes 2018 ini dilaksanakan pada Mei 2018 secara sensus terhadap seluruh desa kelurahan maupun unit pemukiman transmigrasi termasuk satuan pemukiman transmigrasi kecamatan dan kabupaten kota," jelas Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Senin (10/12/2018).

Baca: Bebas Murni Bulan Januari 2019, Ahok Siapkan Kejutan! Akankah Tetap Berpolitik?

Baca: Harbolnas 2018, Harga Mobil Cuma Rp 12 Ribu di Bukalapak

Baca: Pacari Staf Rutan, Narapidana Narkotika Rutan Cipinang Dibantu Kabur, Ini Kronologinya

Ia juga mengatakan wilayah administrasi pemerintahan yang didata harus memenuhi tiga syarat pertama ada wilayah kedua ada penduduk dan ketiga ada pemerintahan desa.

Selain pendataan potensi desa, BPS juga melakukan perhitungan indeks pembangunan desa (IPD) yang menunjukkan tingkat perkembangan Desa dengan kategori Mandiri, Berkembang dan Tertinggal. Sebagian besar dasar di Jambi termasuk dalam kategori Desa berkembang dan sebagian kecil desa yang dikategorikan sebagai Desa Mandiri.

"Sebagian jumlah desa Mandiri bertambah sebesar 72 Desa bila dibandingkan tahun 2014, Sementara desa tertinggal berkurang sebesar 123 desa," ujarnya.

Baca: KKB Papua Tuding TNI Hujani Bom, Tanggapan Pihak TNI Begini Pengecut Tak Punya Harga Diri

Baca: Jadwal Liga Champions Rabu & Kamis (12-13/12) - Liverpool vs Napoli, Real Madrid vs CSKA Moskwa

Indeks pembangunan desa disusun dari 5 dimensi yang terdiri dari 42 indikator. Semua dimensi penyusun IPD mengalami kenaikan dimensi dengan kenaikan tertinggi yaitu penyelenggaraan pemerintah Desa sebesar 8,71 poin. Sementara dimensi yang kenaikannya terkecil di transportasi sebesar 1,76 poin.

"Pelayanan dasar yang naik sebesar 2,50 poin, kondisi infrastruktur naik di angka 6,62 poin, Pelayanan umum naik 2,76 poin dan IPD naik 4,08," jelasnya.(*)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved