Penerima Bantuan Dana PKH Heran, Dana Tahap 4 Hanya Rp 300 Ribu

“Untuk tahun ini memang ada pengurangan jumlah yang diterima, yakni sekitar Rp 100 ribu. Itu ada suratnya dari Kementerian,” ungkapnya.

Penerima Bantuan Dana PKH Heran, Dana Tahap 4 Hanya Rp 300 Ribu
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Warga penerima bantuan PKH menunjukkan bukti sebagai penerima bantuan. Hanya saja, ia belum bisa menikmati bantuan tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI Sejumlah warga penerima dana bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kerinci keheranan. Pasalnya, dana tahap keempat yang mereka terima, nilainya hanya Rp 300 ribu, dan diduga terjadi pemotongan.

Seperti disampaikan oleh penerima PKH asal Kecamatan Danau Kerinci kepada Tribunjambi.com, Rabu (28/11). Pria berbadan gempal ini mengaku, dana PKH tahap keempat yang diterimanya lebih sedikit dibandingkan dengan tahap satu, dua dan tiga.

Baca: Seharian di Jambi, Jokowi juga akan Blusukan

“Tahap satu, dua dan tiga dana PKH yang masuk ke rekening kita masing-masing sebesar Rp 500 ribu. Tapi pada tahap keempat ini hanya Rp 300 ribu,” ujar pria yang minta namanya tak disebutkan.

Ia mengaku, heran saat mengecek rekening banknya tempat dana tersebut disalurkan. Ia pun mengaku sempat menanyakan kepada rekan-rekannya yang lain terkait penyaluran dana PKH tersebut.

“Kata teman yang lain katanya, memang ada pemotongan dilakukan. Tapi mengapa dipotong saya tidak tahu,” sebutnya.

Baca: Musim Banjir Rob di Tanjabtim, Banyak Binatang Berbisa Keluar. Puskesmas Diminta Sediakan Vaksin

Ia berharap, dana yang sedikit yang mereka terima itu agar tidak dipotong. Apa lagi dengan alasan dan kegunaan yang tidak jelas.

“Sudah kecil dipotong pula. Tentu kita mempertanyakan hal ini,” ucapnya.

Terkait hal ini Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kerinci, Juanda dikonfirmasi mengatakan, bahwa dan PKH yang diterima oleh masing-masing penerima sebesar Rp 1.890.000. Dana tersebut disalurkan melalui empa tahap yakni tiga bulan sekali.

Baca: Pencipta Kartun Spongebob Stephen Hillenburg Meninggal Dunia karena Penyakit ALS, Idap Sejak 2017

“Disalurkan langsung ke rekening penerima, karena dananya sebesar Rp 1.890.000, maka ada satu tahap penyalurannya tidak sampai Rp 500 ribu,” jelasnya.

Disinggung bahwa yang diterima warga hanya sebesar Rp 300 ribu pada tahap keempat? Ia menyebutkan, bahwa pada 2018 ini memang ada pengurangan besar dana PKH yang diterima oleh penerima.

“Untuk tahun ini memang ada pengurangan jumlah yang diterima, yakni sekitar Rp 100 ribu. Itu ada suratnya dari Kementerian,” ungkapnya.

Baca: Dugaan Korupsi Damkar Sarolangun, Kasi Pidsus: Tersangka Bisa Dua atau Lebih,Tergantung Penyidikan

Baca: Mitos atau Fakta? Makan Tauge Bisa Bikin Wanita Subur dan Hamil, Ini Penjelasan Dokter!

Mengenai hal itu sebutnya, para pendamping telah memberitahukan kepada para penerima. Hanya saja mungkin lanjutnya, ada para penerima yang tidak hadir saat pertemuan atau masih ragu mengenai hal itu.

“Jadi tidak ada pemotongan yang dilakukan oleh para pendamping. Memang ada suratnya dari Kementerian,” pungkasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved