Bawaslu Tanjabtim Panggil Caleg yang Dilaporkan Dugaan Berkampanye di Masjid

Pihak Bawaslu Kabupaten Tanjabtim juga memastikan akan memanggil terlapor diuntuk dimintai keterangan.

Bawaslu Tanjabtim Panggil Caleg yang Dilaporkan Dugaan Berkampanye di Masjid
tribunjambi/zulkifli
Ketua Bawaslu Tanjabtim, Samsedi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran salah satu Caleg dapil III DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang berkampanye di rumah Ibadah. Hari ini rabu (28/11) Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur Menggelar Pertemuan dengan Tim Gakkumdu Kabupaten Tanjabtim.

Pihak Bawaslu Kabupaten Tanjabtim juga memastikan akan memanggil terlapor diuntuk dimintai keterangan.

“Hari ini, kita sudah melakukan rapat pertama dengan Tim Gakundu terkait adanya dugaan kempanye salah seorang Caleg Dapil III di rumah ibadah, “ ujar Ketua Bawaslu Tanjabtim Samsedi saat dikonfirmasi Tribunjambi.com usai menggelar rapat bersama Tim Gakundu.

Baca: Bawaslu Tebo Minta Warga Aktif Laporkan Pelanggaran Kampanye di Medsos

Baca: Penerima Bantuan Dana PKH Heran, Dana Tahap 4 Hanya Rp 300 Ribu

Samsedi menjelaskan, dari hasil kajian Bawaslu, serta pasal-pasal yang dilanggar itu sudah memenuhi unsur baik materil maupun formil, baik itu pelapor dan siapa yang dilaporkan, tinggal lagi melanjutkan ketahapan berikutnya untuk pemanggilan terlapor dan pelapor.

Disinggung sangsi terhadap terlapor, Samsedi mengatakan pihaknya belum bisa menetapkan sangsi. Pasalnya, masih bersifat dugaan.

“Kalau sangsi belum bisa ditentukan. Sebab sifatnya masih dugaan dan masih melakukan kajian. Jika di Penggadilan yang bersangkutan di putuskan bersalah melakukan pidana pemilu bisa dipidana penjara 2 tahun penjara dan denda maksimal 24 juta rupiah. Selain itu yang bersangkutan juga bisa kena sangsi administrasi bisa di coret nama bersangkutan dari daftar calon tetap pemilu legislatif,” bebernya.

Baca: Musim Banjir Rob di Tanjabtim, Banyak Binatang Berbisa Keluar. Puskesmas Diminta Sediakan Vaksin

Baca: BKN Umumkan Hasil Verval SKD CPNS 2018 yang Lanjut Ke Tahap SKB di Kemenlu

“Yang jelas selama 14 hari kita akan gencar melakukan pemeriksaan, setelah 14 hari kerja kita akan sudah mendapatkan keputusan terkait laporan dugaan kampanye di rumah ibadah tersebut,“ Tambahya.

Seperti diberitakan Tribunjambi.com, sebelumnya  seorang Calon Legislatif (Caleg), Daerah Pemilihan (Dapil) III Kabupaten Tanjung Jabung Timur dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dia dilaporkan karena diduga telah melakukan pelanggaran dengan berkampanye di rumah ibadah. Peristiwa itu terjadi belum lama ini di salah satu mesjid Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara ulu Tanjung Jabung Timur.(*)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved