Kuliner Khas Jambi: Daun Kayu Manis Jadi Makanan Lezat

Daun pohon kayu manis selama ini dianggap hanya sebagai limbah. Daun dibiarkan begitu saja di atas tanah saat jatuh dari ranting.

Kuliner Khas Jambi: Daun Kayu Manis Jadi Makanan Lezat
tribunjambi/suang sitanggang
KUE KERING - hasbumar menunjukkan kue kering yang dihasilkannya, berbahan baku daun kayu manis dan kulit jagung, pekan lalu. (TRIBUN JAMBI/SUANG SITANGGANG) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Daun pohon kayu manis selama ini dianggap hanya sebagai limbah. Daun dibiarkan begitu saja di atas tanah saat jatuh dari ranting. Namun di tangan Hasbumar, daun itu bisa disulap menjadi bahan pangan untuk campuran kue bercitarasa nikmat.

Hasbumar mengolah daun tersebut menjadi serbuk halus lalu dicampur dengan tepung. Campuran serbuk daun dan tepung serta beragam bahan baku lainnya diolahnya jadi kue kering. "Saya lakukan uji coba berkali-kali, hingga akhirnya berhasil menjadi kue kering," katanya kepada Tribun dalam perbincangan pekan lalu.

Pria pensiunan PNS itu menyebut berpikir mengolah daun kayu manis itu berawal saat melihat sebuah pohon kayu manis yang tumbang. Dia lalu mengambil daunnya dan melakukan uji coba. "Kepikiran mengolahnya sudah lama, tapi uji coba jadi kue kering setelah di dekat rumah saya ada pohonnya yang tumbang," ungkapnya.

Baca: Pertamina: 200 Pertamini di Kota Jambi Tak Kantongi Izin

Baca: Inilah Kronologi Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Baca: 4 Fakta Santri Sopir Mobil Pikap yang Kecelakaan di Cipondoh, Masih Muda hingga Tak Punya SIM

Baca: Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook Diminta Mundur, Ini Tudingan Serius Dilayangkan Kepadanya

Hasbumar membuat kue itu bersama istrinya, di rumah mereka yang berada di kawasan kebun Kopi, Kota Jambi. Selain membuat kue kering dari daun kayu manis, mereka juga membuat dari bahan lainnya yang selama ini juga dianggap limbah.

"Saya juga menciptakan kue kering dari kulit jagung dan ampas kelapa. Rasanya sangat khas. Saya ingin kue ini nanti jadi makanan khas dari Jambi," ungkap pria yang kini juga menjadi dosen itu.

Produk lain yang juga hasil inovasinya adalah membuat minuman dari hasil olahan daun kayu manis. Rasa yang dihasilkan mirip dengan teh berbahan kulit manis. Dia berharap produk minuman dari daun kayu manis ini bisa membuat tanaman kayu manis makin banyak gunanya.

Namun semua produk-produk itu saat ini masih dalam tahap sampel, belum diproduksi massal. Dia bilang dalam waktu dekat akan memproduksi massal. Produk tersebut akan dipasarkan di swalayan yang ada di Jambi dan juga daerah sekitar. Produk kue kering akan dikemas dalam kemasan 200 gram dan 400 gram.

Beberapa waktu belakangan ini Hasbumar melakukan berbagai roadshow ke berbagai event. Di antaranya di kampus dan mal. "Animo pengunjung cukup tinggi," ucap dia. Hasbumar yakin produk yang sudah mendapat izin ini akan bisa diterima pasar. (ang)

Penulis: suang
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved