Femalenial

Manfaatkan Teknologi untuk Mendidik Generasi Alpha

Generasi alpha merupakan anak yang lahir rentang tahun 2010 – 2024. Penamaan alpha dibuat berdasarkan alfabet Yunani

Manfaatkan Teknologi untuk Mendidik Generasi Alpha
tribunjambi/aldino
Kurniati Ulfa 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Generasi alpha merupakan anak yang lahir rentang tahun 2010 – 2024. Penamaan alpha dibuat berdasarkan alfabet Yunani, alpha dipilih karena generasi yang lahir sebelumnya adalah generasi Z.

Ciri dari generasi alpha yaitu sejak lahir mereka sudah lekat dengan teknologi. Gadget sudah menjadi bagian dalam hidup mereka. Perkembangan teknologi yang masif ini membuat generasi alpha tumbuh sebagai generasi yang transformatif.

Baca: Mengapa Orang Bilang Orde Baru Lebih Baik? Mahfud MD Bongkar Perbedaan Praktik Korupsi

Perubahan juga terjadi dari berbagai aspek seperti gaya belajar, penyampaian materi di sekolah hingga pergaulan sehari-hari. Semuanya akan menjadi tidak terbatas dengan adanya teknologi, belajar tidak hanya disekolah, bermain tidak melulu dengan teman sebelah rumah, dan sebagainya.

Dengan memiliki anak yang lahir pada generasi ini ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan. Kurniati Ulfa mengatakan penanaman nilai agama itu yang paling penting dalam mendidik anak. Selain itu pengajaran tentang sopan santun dan nilai-nilai kekeluargaan juga penting untuk dilakukan.

Baca: KULINER JAMBI: The Crabbys, Aneka Seafood Terhampar di Atas Meja

“Di rumah yang terpenting adalah pendidikan agamanya, seperti solat lima waktu. Untuk kehidupan sosialnya saya tidak melarang anak untuk bermain dengan teman-temannya asalkan ingat waktu,” ungkapnya.

Sebagai seorang ibu yang memiliki anak dari generasi alpha ia pun memanfaatkan teknologi dalam mendidik kedua anaknya Arbil Fathan Sakhi (7) dan Aisha Kamila Mahreen (2).

Ia mengatakan menjadi orangtua anak-anak generasi alfa ini tidak mudah. Ia tak memungkiri, gadget juga dapat berdampak buruk. Mudah mengakses informasi dengan jangkauan internet juga membuka peluang terhadap hal-hal yang tidak baik.

Baca: Siginjai ITA Club Taekwondo Miliki Ratusan Anggota, Didominasi Anak-anak

“Namun sebagai orang tua bukan berarti melarang mereka dari teknologi karena teknologi itu jugalah yang membuat mereka tidak tertinggal. Lantas peran yang harus kami lakukan disini adalah mendidik mereka untuk bisa memanfaatkan berbagai teknologi yang ada dengan benar. Kami juga harus pandai-pandai memberikan bekal sejak dini kepada generasi ini untuk menghadapi tantangan dimasa depan,” paparnya.

Ia sendiri memanfaatkan teknologi gadget untuk hal yang bersifat edukatif seperti smart hafiz dan buku elektronik. Di sana orang tua dapat mengajarkan cara wudhu, cara sholat, cara membuat mainan origami bahkan nyanyian untuk anak-anak. (nurlailis)

Nama: Kurniati Ulfa
TTL: jambi, 27 juli 1991
Pekerjaan: pegawai honorer Kanwil kemenag prov. Jambi
Sosial media: fb. Kurniati ulfa
IG. KurniatiUlfa91
Nama anak: 1. Arbil Fathan Sakhi (7)
2. Aisha kamila mahreen (2)
Nama suami: M. Ikhsan Haviz

Penulis: Nurlailis
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved