Breaking News:

Pemkot Siapkan 300 Juta Untuk Kelurahan

Pemerintah Kota Jambi sudah memasukkan anggaran dana kelurahan pada tubuh APBD 2019. Setiap kelurahan disiapkan alokasi Rp 300 juta.

tribunjambi/rohmayana
Wawako Jambi, Maulana 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Pemerintah Kota Jambi sudah memasukkan anggaran dana kelurahan pada tubuh APBD 2019. Setiap kelurahan disiapkan alokasi Rp 300 juta. Di Kota Jambi ada 62 kelurahan dari 11 kecamatan.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan pihaknya sudah mengalokasikan dana kelurahan pada APBD 2019, satu kelurahan mendapat alokasi Rp 300 juta.

“Itu kita alokasikan dari APBD. Ini juga penyebab naiknya belanja tidak langsung, di samping juga ada kenaikana gaji ASN sebesar 5 persen,” kata Maulana.

Baca: Plt Gubernur Minta Pihak EBN Membenahi Kekurangan Angso Duo Baru

Maulana menyebutkan, dana tersebut nantinya akan langsung dialokasikan pada kelurahan. Yang mengelola anggaran juga langsung dari pihak kelurahan.

“Ini amanah dari pemerintah pusat, sama dengan dana desa. Tidak melalui kecamatan lagi, dalam kebijakan pusat dana ini untuk dana kelurahan,” kata Maulana.

Ketua DPRD Kota Jambi M Nasir mengatakan, untuk pengelolaan dana kelurahan belum ada petunjuk teknis (Juknis). Namun berdasarkan surat peraturan Menteri Keuangan yang bersumber dari Perpres mengamanatkan ada dana kelurahan Rp 250-Rp300 juta per kelurahan. “Kalau petunjuk teknisnya belum keluar,” kata Nasir.

Lebih lanjut Nasir menyebutkan, dalam pembahasan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara, pihaknya sudah membicarakan soal dana kelurahan.

Baca: Terdakwa Kasus Dana PAUD Jalani Sidang Perdana Rabu Ini

Baca: VIDEO: Unggul Sementara Perolehan Medali, Marching Band Kota Jambi Bawakan Konsep Anime

“Ini yang diharapakan untuk mengejar ketertinggalan pembanguanan,” kata Nasir.

Hal-hal yang belum bisa diakomodir di APBD kata Nasir, bisa diakomdir dana kelurahan.

“Juknis dari kementrian keuangan belum ada. Mengingat keluraha ini belum SKPD, maka mungkin akan berinduk pada camat atau sekretariat daerah,” katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved