Kesehatan

Pernah Disinggung Presiden Jokowi, Ini Fakta Pengobatan dengan Racun Kalajengking

Beberapa waktu lalu pernyataan Presiden RI Joko Widodo tentang mahalnya harga racun kalajengking dalam sebuah pidatonya

Pernah Disinggung Presiden Jokowi, Ini Fakta Pengobatan dengan Racun Kalajengking
Lucas Correa Pacheco/Shutterstock
Racun kalajengking dalam kemasan. 

TRIBUNJAMBI.COM - Beberapa waktu lalu pernyataan Presiden RI Joko Widodo tentang mahalnya harga racun kalajengking dalam sebuah pidatonya sempat menjadi perbincangan hangat. Namun, tahukah Anda racun kalajengking ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan manusia.

Tribunjambi.com mengutip dr. Alvin Nursalim menjelaskan fakta-fakta medis dari racun kalajengking pada klikdokter.com. "Kalajengking adalah artropoda beracun yang habitatnya tersebar di seluruh dunia, kecuali Antartika. Artropoda ini ditakuti karena racunnya yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, bahkan kematian," ujar dr. Alvin.

Baca: Sudah Lamar Kekasih Akhir Oktober Lalu, Daus Mini akan Menikah Lagi

Racun kalajengking adalah campuran dari berbagai peptida termasuk beberapa enzim seperti hyaluronidases, phospholipases, sphinhhomyelinases dan enzim proteolitik. Penggunaan racun kalajengking untuk kesehatan sudah digunakan oleh sebagian masyarakat di berbagai negara, termasuk di daerah Asia.

Natural antimicrobial peptides (AMPs) dtemukan pada racun kalajengking dan ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Senyawa AMPs ini memiliki manfaat yang baik dalam membasmi bakteri, virus, jamur dan parasit.

"Bahkan, salah satu manfaat dari racun kalajengking ini adalah berkontribusi terhadap infeksi HIV." Namun, manfaat ini masih terus diteliti, sehingga pengobatan menggunakan racun kalajengking belum digunakan secara luas.

Manfaat racun kalajengking

Racun kalajengking menyimpan banyak manfaat dalam bidang kedokteran. Berikut rinciannya:

1. Sebagai agen antiinfeksi

Salah satu manfaat dari racun kalajengking adalah dalam membasmi berbagai jenis infeksi bakteri. Bahkan, potensi dari racun kalajengking ini dapat ditemukan pada berbagai agen penyebab infeksi seperti bakteri, virus dan parasit.

Baca: Enam Pertanda Anda Perlu Mengakhiri Suatu Hubungan

Baca: 6 Manfaat Menumbuhkan Kumis dan Jenggot bagi Kesehatan Pria

Salah satu manfaat yang potensial dari racun kalajengking adalah sebagai ramuan pengobatan infeksi HIV. Sampai saat ini belum ada vaksin terhadap infeksi HIV, sedangkan racun kalajengking menunjukkan potensi anti-HIV. Hal ini memberikan secercah harapan dalam pertempuran menghadapi infeksi virus HIV.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved