Lantik Kades yang Menang via e-Voting, Ini Tiga Pesan Penting Bupati Syahirsah

"Kepala desa yang dilantik tersebut di harapakan dapat mengemban tugas sebagai kepala desa dengan sebaik-baiknya," kata Sekda.

Lantik Kades yang Menang via e-Voting, Ini Tiga Pesan Penting Bupati Syahirsah
Net
24052016_pelantikan kades

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Sebanyak 12 Kepala Desa (Kades) terpilih pada pemilihan kepala desa secara e-voting yang dilaksanakan pada tanggal 24 dan 27 september 2018 lalu, Senin (12/11) dilantik Bupati.

Bakhtiar, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batanghari, mengatakan, dalam Pelantikan kepala desa yang dilaksanakan di Pendopo rumah dinas Bupati Batanghari tersebut, tidak hanya 12 Kades yang dilantik, ada pula beberapa PLT kepala desa yang juga didefenitifkan.

Baca: Dari Ribuan Peserta, Hanya 23 Pelamar CPNS Kerinci yang Capai Passing Grade

"Kepala desa yang dilantik tersebut di harapakan dapat mengemban tugas sebagai kepala desa dengan sebaik-baiknya," kata Sekda.

Mengingat saat ini beban kepala desa yang dijabat selama enam tahun tersebut cukup berat. Hal itu dikarenakan saat ini pemerintahan desa telah dibebankan terhadap pengelolaan keuangan yang nominalnya cukup besar.

Sementara itu, Bupati Batanghari H Syahirsah menyampaikan tiga pesan penting kepada kades yang dilantik. Diantaranya dengan telah dilantiknya kepala desa terpilih, maka kepala desa terpilih telah resmi menjabat sebagai kepala desa. Kepada kepala desa hendaknya dapat mengelola keuangan desa dengan baik dan benar.

Baca: Cuma 30 Pelamar yang Capai Passing Grade. Pemkot Kota Sungaipenuh Tunggu Kebijakan Pusat

Mengingat saat ini terdapat tiga sumber dana bagi desa yang harus dipertanggung jawabkan, diantaranaya Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, Bantuan Keuangan dari pemerintah Provinsi dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Pemerintah Daerah.

"Saya berharap pengelolaan keuangan tersebut sesuai dan bermanfaat bagi masyarakat desa setempat, tidak untuk keperluan pribadi dan timsukses kepala desa," kata Syahirsah.

08092016_pelantikan kades
08092016_pelantikan kades (TRIBUN JAMBI/SUCI RAHAYU)

Syahirsah juga berpesan agar kepala desa dapat mengakomodir program-program pembangunan dari pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat dengan sebaik-baiknya. Karena banyak program dari pemerintah yang berdasarkan usulan dari kepala desa.

Sehingga kepala desa dituntut untuk dapat bersifat adil dan bijaksana dalam kepemimpinannya. Jangan sampai masyarakat desa yang benar-benar berhak menerima bantuan tidak terakomodir dengan baik.

Baca: Putus Cinta, 4 Pemilik Zodiak Ini Paling Susah Move On dari Mantan

Baca: Pasar Angso Duo Lama Akan Disulap Jadi RTH Bagi Warga Jambi, Pemprov Akan Pelajari

Selain itu, Syahirsah juga menekankan terkait ketelitian dalam laporan pertanggung jawaban keuangan yang dikelola oleh pemerintah desa. Jangan sampai laporan pertanggung jawaban keuangan pemerintah desa menjadi temuan di tahun anggaran yang akan datang.

"Kepada seluruh camat agar dapat mengawasi dan membimbing seluruh kepala desa yang berada wilayahnya, sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik," Pungkasnya. (*)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved